Surat Pembaca-Jawaban

From: Tintika Mmkb <tinstika@yahoo.com>
Subject: Usul
To: cintasingkawang@yahoo.com
Received: Sunday, 16 August, 2009, 6:36 PM

Helo, pak BKL, berita-berita yang anda sampaikan  terlalu tendesius, memihak dan cenderung menyerang orang yang tidak sejalan dengan anda. Berita yang disampaikan harusnya santun, berimbang, tanpa menyudutkan pihak lain khususnya musuh anda yang tidak sejalan dengan anda. Dari berita-berita yang anda muat, hampir semuanya memojokkan Pak Hasan Karman, kenapa sebelum Pak HK menjadi walikota, anda diam saja dan tidak pernah bersuara ?

Jawaban dari CintaSingkawang: Untuk Pak Tintika dan Pak Adian Bong

Yth Pak Tintika,

Terima kasih atas saran  dari Bapak tentang cara penulisan berita yang bernada santun,berimbang  tanpa memojokkan Pak Hasan Karman. Sangat disayangkan  Bapak kurang memahami makna dari “demokrasi dan hak asasi”,seandainya Bapak memahami hal itu tentu saja tidak akan bertanya” mengapa sebelum Pak HK menjadi walikota,anda tidak pernah bersuara?”. Cinta sangat menghormati pilihan Pak Hasan Karman terhadap kariernya sebagai walikota. Perlu Bapak ketahui  jabatan walikota  merupakan sebuah karier(pekerjaan) yang berikan oleh masyarakat setempat kepada orang tertentu, tentu saja melalui suatu proses pemilihan.

Kita selalu memberi dukungan kepada orang yang mau mengembangkan kariernya. Sudah merupakan kewajiban setiap individu mengembangkan talenta dan kariernya masing-masing. Begitu juga bagi Pak Hasan Karman, Beliau berhak mengembangkan kariernya. Mengapa kita harus melarang Beliau menjadi walikota?  Kalau Beliau mendapat kritikan terhadap pandangan Beliau. Atau pandangan masyarakat umum tidak sependapat dengan  pandangan Beliau. Itu adalah “resiko profesi”, selalu terjadi didalam dunia karier.

Sudah berkali kali kami mengingatkan kepada pembaca kami bahwa website CintaSingkawang adalah website independen, tidak memihak siapapun, tidak menyebarkan cultisme terhadap seseorang atau terhadap kelompok tertentu. Mudah-mudah Pak Tintika puas dengan penjelasan dari kami.

From: Adian Bong <adianbong@yahoo.co.id>
Subject: Trs: pandangan yg positip kedepan
To: cintasingkawang@yahoo.com
Received: Wednesday, 9 September, 2009, 11:40 PM

utk para penulis ke email cinta singkawang dan juga utk cinta singkawang yang sangat saya hormati.
saya adalah asli putra KalBar namun saya bukan penduduk singkawang tetapi saya adalah asli orang Khek atau HAKKA.
dan kebetulan saya sering membaca email CINTA SINGKAWANG namun saya sungguh
kecewa karena hampir semua tulisan dan jawaban adalah pro dan kontra khususnya tujuannya terhadap WALIKOTA BPK.HASAN KARMAN.
dan sungguh disayangkan sekali kalau tul;isan dann jawaban bukannya memberikan sumbangsih utk membangun kota
singkawang tetapi justru lebih banyak kritik kritik yang kurang sehat dan kadang dengan bahasa yang sangat memalukan utk kita yang sebagai orang HAKKA dan utk pembaca akan memandang tidak kompak dan saling mengejek.
kita semua adalah orang dewasa dan berpendidikan dan berbudaya.
jadi alangkah baiknya kalau kita sebagai penulis dan berkarya lah utk pembangunan dan memberikan statement serta solusi dan cara berpikir yg baik.
walaupun mungkin didalam hati kita ada ganjalan namun sebaiknya krikil itu dibuang .
saya sering mengunjungi kota
singkawang.
dan dikota singkawang selalu krisi energi listrik dari PLN dan krisis AIR BERSIH utk minum dari PAM.
utk itu cobalah kita semua berbesar hati utk maju bersama dan bergandengan tangan membantu dengan pikiran pikiran yg positip dari kita semua sebagai penulis kepada pemerintahan Kota Madya Singkawang bukan dgn saling mengkritik dan mengejek seperti musuh.
bukankah mencari teman itu lebih baik daripada mencari musuh ?
maka itu mari kita bersama-sama menulis dan sekalian memberikan solusi dengan krisis krisis yg dihadapi oleh Rakyat kota
singkawang.
misalnya sbb ;
-krisis listrik PLN.
 Krisis listrik adalah tanggung jawab PLN , kalau GENSET yg dipakai adalah Diesel
berarti ada dua kemungkinan seandainya listrik mati.
yaitu SOLAR tidak ada atau MESIN RUSAK.
KALAU lISTRIK setiap minggu harus mati berulang kali yg jelas semua konsumen adalah dirugikan dan juga menghambat investasi utk kemajuan kota
singkawang.
namun kalau DAYA MESIN GENSET tidak sanggup artinya over supply dan sudah terlanjur maka harus dicarikan jalan keluarnya.
nah disinilah kita sebagai penulis memberikan SOLUSI.
KENAPA Kaliamantan Barat yg letak Garis khatulistiwa yg memiliki energy panas matahari tidak dimanfaatkan oleh pemerintah setempat utk sumber energy listrik buat penerangan rumah rakyat dengan memakai tehnologi KINCIR ANGIN atau PANEL SURYA yg sudah banyak dipakai didaerah lain.
kan
sangat disayangkan kalau ada energy yg bisa dipakai tetapi tidak dipergunakan.
dan kasihan sama rakyat yg punya rumah tapi tidak ada listrik dan lebih rugi lagi pemerintah krn apa mungkin investor mau masuk kalau listrik tidak ada.
jadi solusi utk jalan keluar manfaatkan panel surya utk energy listrik.

-KRISIS AIR BERSIH DARI PAM
believe is or not
kota singkawang yg dipenuhi dengan begitu banyak Gunung bunung tetapi sumber air bersih tidak ada utk rakyat karena PAM tidak mengalir air dan ini sudah kejadian berpuluh puluh tahun lamanya.dan ini sungguh memalukan utk kota madya singkawang.
bayangkan gunung yg ada dirusak alamnya dengan pengambilan tanah yg sembrono.
sungai sungai yg ada air mengalir tidak dimaanfaatin oleh PAM
sekali lagi apakah begitu sulit utk mendapatkan air buat konsumen.
padalah PAM itu adalah tehnology yg sangat rendah.
kalau utk memenuhi air bersih saat ini tidak sanggup bagaimana INVESTOR mau buka pabrik,
LISTRIK PLN MATI MELULU dan AIR PAM TIDAK ADA.
jadi mustahil investor mau datang sebelum kedua infrastruktur itu ada.
sampai disini tulisan saya hari ini buat para pembaca dan juga utk orang PEMDA KOTA SINGKAWANG.

Yth Pak Adian Bong,

Rasa kekecewaan Pak Bong terhadap surat pembaca dan jawaban untuk pembaca dapat kami maklumi, terutama menyangkut materi yang ada sangkut paut dengan Pak Hasan Karman. Memang, sering kita merasa no happy apabila mendengar ada orang mengeritik idola kita.Perasaan semacam itu normal, karena perasaan kita lebih cepat memberi respon terhadap situasi seperti itu  daripada rasio kita.Tetapi, sesudah kita menenangkan diri sebentar dalam menghadapi situasi seperti itu,  kita akan memahami bahwa kritikan tersebut benar dari sudut pandang orang lain. Begitu juga dengan artikel yang ada di website CintaSingkawang, Anda membaca dengan teliti kemudian  merenungkan isi dari artikel tersebut, kami percaya pengetahuan dan wawasan Anda akan bertambah luas. Karena artikel kami mencerminkan pandangan yang berbeda dengan Anda, tentu pandangan dan opini kami merupakan hal baru bagi Anda. Sesuatu yang baru akan memberi input(informasi) kepada kita, ini adalah proses penambahan pengetahuan kita.

Terima kasih atas beberapa hal yang telah  Pak Bong  kemukakan dalam email Bapak. Ada beberapa pandangan Bapak, kami tidak sependapat dengan hal tersebut.  Kami menilai gagasan tersebut merupakan sebuah usaha  indokrin untuk memperbodoh  diri, tidak mengembangkan konsep berpikir kritis, menghambat kebebasan berpendapat. Kami memberi kebebasan kepada pembaca kami mengeluarkan pendapat mereka sehingga menghasilkan sebuah gagasan  baru. Dengan harapan gagasan baru itu berguna untuk membangun kota Singkawang. Dari sudut pandangan Bapak bahwa mengeluarkan pendapat harus memenuhi  suatu  standar tertentu atau sesuai dengan suatu keinginan tertentu. Kalau itu yang dimaksudkan, berarti akan menghalangi orang bebas berpendapat. Ini bertentangan dengan prinsip yang dianut oleh CintaSingkawang, mencerdaskan komunitas kita!

Kita tidak perlu merasa takut  untuk mengeluarkan pendapat. Yang penting mengeluarkan pandangan Bapak yang menurut  pikiran(diotak)  Bapak.

Kota Singkawang menghadapi masalah Listrik(PLN) dan air (PAM). Tetapi, apabila Bapak bertanya kepada Pak Hasan Karman mengenai hal ini. Beliau akan memberi penjelasan kepada Bapak bahwa masalah krisis listrik dan air bukan hanya dimonopoli oleh kota Singkawang saja. Kalau Bapak beruntung, mungkin mendapat jawaban seperti ini:”Itu bukan urusan saya”. Itulah kunci permasalahan belum dapat dipecahkan oleh Pak wako kita, Pak Hasan Karman. Cinta tidak akan memberi tanggapan terhadap pertanyaan Bapak tentang masalah listrik dan air. Karena masalah tersebut sudah pernah Cinta kupas diwebsite ini, coba Bapak  cari artikel tanya jawab yang ada website ini Bapak pasti akan menemukan.

Mengenal saran Bapak memakai tenaga surya(solar energy) untuk mengatasi ketergantungan listrik dari PLN. Itu hanya dapat dilakukan oleh perorangan, terutama bagi mereka yang mampu secara ekonomi. Karena harga panel sangat mahal. Mayoritas penduduk  kota Singkawang masih belum sanggup membeli panel surya walaupun energinya gratis. Kecuali pemerintah Pak Hasan Karman bersedia memberi subsidi kepada masyarakat Singkawang untuk membeli panel. Apakah sanggup??

Nah, semoga jawaban ini dapat memuaskan Bapak. Jangan lupa selalu membaca CintaSingkawang.

Salam Manis, CintaSingkawang.

 

From: carolyn lily <sherin_ly@yahoo.co.id>
Subject:
To: cintasingkawang@yahoo.com, cintasingkawang@yahoo.com
Date: Saturday, June 13, 2009, 9:59 PM

sebagai putra asli KalBar saya mau memberikan sedikit masukan utk semua pejabat yg memiliki power utk memajukan kota singkawang dan sekitarnya.saya setiap bulan bolak balik JKT-singkawang-JKT dan selalu mengikuti perkembanmgan kota singkawang.selama ini saya juga banyak menndengar berbagai ide ide namun jarang yg terrealisasi.

saya juga pernah bekerja diperusahaan besar selama hampir 30 tahun lamanya di perusahaan kayu BARITO PACIFIC GROUP yg menangani kelancaran produksi perusahaan krn tugas saya di Logistic dan Purchasing.di perusahaan tsb saya banyak berada dilokasi di camp camp dan saya juga sudah sangat banyak melihat mata rantai suatu masalah kecil saja bisa menghambat kelancaran seluruh produksi perusahaan.utk itu intinya mengapa saya katakan kalau INGIN KOTA SINGKAWANG ITU MAJU.pertama yg mau saya tanyakan kepada para pejabat yg duduk di DPRD DAN JUGA PIMPINAN KOTA MADYA. DAN SELURUH JAJARANNYA.pertanyaan saya sbb ;

1- KALAU SUATU DAERAH/KOTA yg listriknya setiap minggu harus mati minimal 2 kali dan kadang sampai 4 kali seminggu utk siang dan malam dan kalau malam listriknya bisa mati selama 5 jam..apakah ada investor mau berinvestasi utk industrinya.

2-KALAU AIR PAM TIDAK ADA.

apakah investor mau berinvestasi karena membuat suatu produk itu air adalah satu kebutuhan pokok.

Jadi selama LISTRIK PLN dan AIR PAM tidak dibenahi jangan pernah berharap ada investor yg mau malakukan investasi karena dari sisi bisnis Listrik dan air tidak lancar perusahaan pasti mengalami kerugian.PROSES suatu produksi kalau listriknya mati melulu proses produksi pasti bisa menjadi rusak sedangkan gaji pegawai harus tetaop dibayarkan dan keterlambatan memenuhi penyerahanm barang dikenakan finalty.sedangkan air kalau tidak lancar juga sangat beresiko utk memproses produksi.jadi benahi dahulu LISTRIK PLN dan AIR PAM baru bicarakan mencarikan INVESTOR.Jadi pandangan saya saat ini utk mencari investor masih jauh dari harapan.masalah AIR PORT utk Singkawang.

Air Port menurut saya itu bukan hal yg sangat penting saat ini dan yg terpenting Jalan raya dari kota SAMBAS - SINGKAWANG - PONTIANAK itu yg harus dilebarkan dahulu krn kalau jalan raya sudah lebar secara otomatis perjalanan akan menjadi lancar dan waktu bisa menjadi hemat banyak.yg penting itu adalah pelabuhan laut kota SINGKAWANG.kenapa saya berkata bahwa pelabuhan laut itu penting.karena sdengan adanya pelabuhan laut semua keperluan sandang dan pangan bisa menjadi murah.sebab dengan adanya pelabuhan laut barang dari pulau Jawa bisa masuk langsung ke kota Singkawang sehingga banyak biaya bisa ditekan.dan semua hasil pertanian dllnya juga bisa dikirimkan langsung keluar pulau Jawa dengan scedule yg tetap dan para pemasok dari pulau jawa bisa beli langsung dari para petani sehingga perputaran ekonomi di Kota singkawang bisa tumbuh dan kehidupan rakyat bisa terangkat pula.Kalau AIR PORT itu tidak banyak membantu rakyat kecil.

setelah semua sarana LISTRIK - AIR PAM -JALAN RAYA BAGUS- PELABUHAN LAUT semua ada dan lancar barulah kita bicarakan AIR PORT UTK melengkapi PARIWISATA UTK KOTA SINGKAWANG.kota Singkawang sangat cocok utk menjadi kota Pariwisata dan kalau semua sdarana sudah bagus saya yakin pariwisata pasti mengalami kemajuan pesat sebab panorama kota singkawang dan laut sangat bagus dan indah.kita harusn ingat ya

LISTRIK DAN AIR ADALAH HAL TERPENTING DALAM MENJALANKAN INDUSTRI.PELABUHAN LAUT ADALAH MENEKAN BIAYA BARANG DARI LUAR PULAU DAN JUGA MEMBANTU HASIL PERTANIAN RAKYAT UTK DISERAP KELUAR PULAU DAN JALAN RAYA ADALAH UTK KELANCARAN TRANSPORTASI DARAT.setahu saya saat saya masih sekolah di asrama th 1974 sampai sekarang Listrik dan Air masih belum tuntas sampai th 2009 ini dan saya sendiri tidak tahu sudah ganti berapa kali Bupati dan Walikota dan masalahnya selalu sama adalah LISTRIK dan AIR.Padahal setahu saya sumber air itu sangat melimpah walaupun musin kemarau panjang sungai tak pernah keringsilahkan survey SUNGAI SANGGAU LEDO-SUNGAI HANGMUI-SUNGAI SEMPALIT-SUNGAI PAHAT-GUNUNG POTENG kenapa saya berkata tidak pernah kering sebab saya beberapa tahun ini hampir setiap bulan ketempat sungai sungai itu utk mandi.utk mengatasi kelangkaan listrik itu urusan PLN tetapi kalau utk AIR sangat tidak sulit kalau ada kemauan.sumber air melimpah dari berbagai sungai dan gunung dan kondisi airnya sangat bagus sehingga utk proses menjadi air minum tidak perlu biaya besar.utk menampung air itu juga pekerjaan sangat mudah asal ada kemauan.pakai dana APBD dianggarkan utk proyek air minum.buka kolam air utk penampungan dan carilah dataran agak rendah tampung semua sumber air dan buatkan beberapa bak air utk water threatmen setelah selesai proses utk layak diminum lalu disalurkan kepada konsumen.sementara masukan saya sampai disini dahulu ya.pesan saya : asalkan ada kemauan dan niat hal sesulit apapun pasti bisa dikerjakan dengan tuntas tetapi kalau tidak ada niat dan tidak ada kemaunan lebih baik jangan dilakukan krn dana yg dipakai hanya menjadi sampah dan mubazir kalau pekerjaan hanya sampai ditengah jalan.

Jawaban dari CintaSingkawang,16 Juni2009:

Yth Ibu Carolyn,

Surat Ibu sangat menarik untuk disimak bersama,terutama bagi mereka yang saat ini menduduki posisi sebagai pejabat di kota Singkawang. Karena Ibu memberikan kesaksian dalam hal cara “pemecahan persoalan”di lingkungan tempat Ibu berkerja , ini berdasarkan pengalaman kerja(work experience) Ibu dapat selama puluhan tahun di perusahaan swasta. Harus kita akui dalam banyak hal cara mengambil keputusan terhadap suatu masalah antara perusahaan swasta dengan birokrasi berbeda,hasilnya juga sangat berbeda. Kadang-kadang pengalaman di dunia usaha swasta tidak dapat diimplementasikan kedalam dunia birokrasi.

 

Menurut Ibu, ada beberapa hal yang sangat mendesak perlu diselesaikan terlebih dulu supaya  kota Singkawang Spektakuler bisa maju. Masalah pokok yang sedang dihadapi kota Singkawang yaitu : listrik,air, dan  infrastruktur transportasi. Ketiga elemen itu sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita,tetapi ketiga elemen itu memiliki permasalahan yang tidak  kecil. Bahkan pemerintahan Pak Hasan Karman katanya memiliki master plan membangun kota Singkawang spektakuler pun kebingungan dalam mementukan apa yang menjadi periotas pertama dari ketiga elemen itu(listrik,air,transportasi) yang harus dibangun dulu. Apapun pilihannya masalah tetap sama memiliki persoalan hukum dan finansial. Katakan kita memilih AIR(PDAM)sebagai proyek yang harus dikerjakan dulu,prioritas pertama. Proyek ini(Air)merupakan  proyek terpenting diantara proyek lain. Karena air merupakan kebutuhan hidup paling esensil. Kalau kita terlambat menangani masalah air sumber air tawar yang kita miliki sekarang ada kemungkinan akan hilang untuk selama-lamanya. Sumber air tawar yang kita miliki rawan dari kerusakan hutan,pencermaran lingkungan atau keganasan alam. Kalau ini terjadi, merupakan sebuah malapetaka bagi kota Singkawang.

Menurut seorang calon investor untuk proyek PDAM Singkawang yang pernah berkonsultasi dengan Cinta sebelum menghadiri pertemuan  Pak Hasan dengan elite Tionghoa Singkawang, yang berpotensi menjadi investor proyek PDAM di Jakarta. Menurut Pak Hasan Karman solusi permasalahan yang dihadapi PDAM Singkawang dengan cara perbaiki fasilitas yang ada melalui pipanisasi. Biaya pipanisasi plus hutang PDAM sekitar Rp.28M menjadi beban para investor. Sebelum Pak Hasan Karman selesai  menguraikan permasalahan PDAM pada pertemuan tersebut, satu per satu para calon investor meninggalkan ruang pertemuan tersebut dengan perasaan tidak ingin menjadi thailainisasi Pak Hasan Karman (thailainisasi ialah suatu usaha untuk menyuruh orang lain melakukan sesuatu untuk kepentingan penyuruh-orang yang disuruh tanpa menikmati keuntungan,   thai lai= anak sulung lelaki).

 

PDAM  Singkawang sarat dengan masalah yang harus diselesaikan oleh Pemkot sebelum ditawarkan kepada investor.Adapun masalah tersebut:

-Dari segi aspek hukum, status PDAM  Singkawang sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) masih belum jelas menurut  struktur organisasi perangkat daerah (SOPD), PDAM tidak tercantumkan sebagai BUMD.

-Sumber air tawar(resources).Walaupun sekarang kita memiliki beberapa sumber air tawar dibeberapa tempat, Sanggau Ledo,Sungai HangMui,Sungai Sempalit,Sungai Pahat dan Gunung Poteng. Tetapi semua sumber air tawar tersebut  tidak ada jaminan bahwa tidak terjadi kerusakan terhadap sumber air tersebut dimasa akan datang. Karena sistem perlindungan terhadap sumber air tidak begitu jelas.Terutama masalah perlindungan dan pengamanan hutan disekitar sumber air itu.Jaminan keberadaan sumber air dalam jangka panjang(50 tahun ) menjadi tanda tanya bagi investor.

-Kendala kapasitas PDAM. Dengan cara pipanisasi dan perbaikan instalasi tidak dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.Karena kapasitas PDAM Singkawang sudah tidak sesuai dengan kebutuhan sekarang, akibat perkembangan kota dan penambahan jumlah penduduk di kota Singkawang pada saat ini. Kapasitas PDAM perlu dirancang baru supaya tetap bisa beroperasi sampai 50 tahun yang akan datang.

 

Ibu,melalui jawaban ini cukup kita mengangkat topik masalah AIR  saja sebagai kupasan kita.Mungkin dugaan Ibu masalah air gampang diselesaikan tetapi apabila kita taruh kedalam bisnis propektif merupakan bisnis yang beresiko.Karena itu menyangkut investasi jangka panjang,belum tentu untung.Jadi, belum ada investor yang berani ambil resiko bangun PDAM Singkawang.

Masyarakat harus menderita dengan mati listrik dan air ledeng yang tidak mengalir untuk jangka waktu yang tidak menentu. Harap masyarakat Singkawang maklum akan ketidaknyaman tersebut mungkin itu yang dimaksudkan oleh Pak Hasan Karman gaya hidup  tinggal di kota Spekatakuler.

Terima kasih .

CintaSingkawang

 

Surat dari Bapak Bong Eng Seng:Walikota Penakut

HAI cinta,
kalau ai lihat pada bulan ini, bulan desember 08 adalah ujung bulan ditahun ini merupakan bulan terburuk yang dihadapi walikota, mengapa ai bilang begitu ??alasannya
dalam minggu pertama bulan ini saja sudah 2 kali walikota di demo, karena tidak bisa menyelesikan permasalahan.
1. demo para guru di gedung DPR pada tanggal 1 dan 2 Desember, menurut informasi walikota tdk mau  hadir dan mengirim surat izin ke sekretaris dewan (seperti sekolah saja pakai surat izin)
2. demo FPI dan FPM masalah patung naga yang merupakan benih pertengkaran antar etnis nantinya. apa lagi dgn kalimat yang sombong di koran pontianak post (4/12) yang mana : " dimana wibawa pemerintah kalau di deadline " (masih memikirkan wibawa dibanding keamanan dan kerukunan yang tercipta selama ini.
saat masa ke kantor walikota sekitar pukul 16.00 wib ai juga mengikuti dari belakang walau sedikit was-was, maklum takut ai dibilang propokator dan mata-mata.
memang walikota kita takut (PENAKUT) berhadapan dengan massa dan tidak berani menghadapi masalah.
masalah spele saja tidak bisa menyelesaikan apalagi masalah besar...
jujur ai sangat kecewa memilih beliau.
by bongengseng (bengkel mobil online) kampung melayu.

Jawaban dari CintaSingkawang(06Desember2008):

Yth Bapak Bong Eng Seng,

Terima kasih  atas informasi yang telah Bapak sampaikan via email ini.Tetapi amat disayangkan  ketika Bapak mengikuti rombongan demostran  untuk menyaksikan peristiwa besar semacam itu, seharusnya Bapak menulis pengalaman  yang berharga itu untuk Cinta .Perlu diingat, CintaSingkawang adalah media(informasi) dari Anda untuk Anda,maka itu  Cinta selalu siap menerima segala  informasi dari pembaca kami.

Aaaah,Cinta tidak sependapat dengan Bapak dalam hal  penilaian  terhadap bulan Desember 2008 ini,bulan ini bukan bulan terburuk bagi wako kita .Bulan ini adalah bulan perayaan satu tahun terpilihnya Bapak Hasan Karman –Edy R Yacoub sebagai walikota dan wakil walikota Singkawang bahkan salah satu konco dekatnya Bong Li Thiam sudah  menyiapkan sebuah patung Naga untuk menyambut HUT ke 1 Pemerintahan pak Wako kesayangannya sekalipun harus dibayar dengan harga mahal patung bermasalah tsb.Demo-demo itu adalah kado atau hadiah untuk “mengingatkan” Beliau bahwa selama satu tahun Beliau belum melakukan hal-hal yang produktif untuk masyarakat Singkawang.Bukan hanya pandai membuat cerita sensasi di koran untuk  mengelabui masyarakat.

Menurut penilaian Bapak bahwa Pak wako kita “takut”menghadapi para demostran.Cinta  sangat setuju dengan pendapat Bapak,absolutely true,sebagai pembaca setia Cintasingkawang Bapak tentu ingat Artikel kami yang lalu Yaitu Public relation Gaya Singkawang Metode SEBAL,salah- satu dari metode ini yakni E yang biasa bertugas sebagai bemper untuk menghadapi masalah ini ,saat ini berada di Tanah suci  . Rasa takut Pak Hasan Karman terhadap para demostran sudah berulang kali terjadi. Rasa takut itu bukan hanya didominasi oleh anak kecil saja tetapi pemimpin berkaliber seperti Pak Hasan Karman juga tidak luput dari rasa takut. Ketidakmampuan memberi solusi dan ketidaksiapan Beliau menghadapi persoalan itulah yang mendasari rasa takut Beliau.Seperti seorang murid belum menguasai ilmu yang dia pelajari  dia akan takut diuji oleh gurunya.

Salam,

Cintasingkawang

 

From:>
Subject:
mengenang anita
To: cintasingkawang@yahoo.com
Date:
Friday, November 14, 2008 9:36 AM

salam sejahtera cinta
Sudah ngak terasa pilkada sudah 11 bulan lewat.  Euphoria kemenangan masih terasa di jiwa masyarakat singkawang.  Ini merupakan hasil perjuangan dari beberapa orang yang terlibat langsung maupun tidak.   Sangatlah wajar beberapa orang ingin sedikit mengecap hasil dengan menceritakan jasa-jasa mereka.  Dari sekian banyak pahlawan tersebut sepertinya kita masyarakat singkawang melupakan pahlawan wanita singkawang, Anita Tjung.   Beliau seperti hilang di telan ombak padahal  perannya sangatlah besar dalam mengembosi  suara saingan  berat dari  wako kita sekarang.


Cinta yang gesit  dan  sedikit nakal, bisakah menceritakan atau memberikan informasi tentang keberadaan Anita Tjung sekarang, beliau seperti terlupakan...., sangatlah tidak pantas kita tidak mengucapkan terim kasih  kepada beliau.  Menurut saya beliau lah yang seharusnya mendapat bintang jasa di Kota Singkawang ini, tanpa beliau sangat sukar kita mempunyai walikota yang hebat dan spektakuler.

Sekian dulunya cinta.....

Jawaban dari CintaSingkawang(15Nopember2008):

Yth Bapak  Firdaus,

Sudah sepatutnya  Bapak  Firdaus mendapat ucapan terima kasih dari Cinta. Atas perhatian yang  telah  Bapak berikan kepada salah satu wanita  kita yang telah dianggap sebagai pelaku arah perjalanan sejarah  kota Singkawang. Pada akhir jaman edan ini,hanya tinggal sedikit orang seperti Bapak yang selalu mengingatkan kebaikan orang lain terhadap dirinya atau komunitasnya. Tanpa peran yang telah dimainkan Miss Anita Tjung,masyarakat Singkawang  percaya tidak  mungkin Pak wako kita Pak Hasan Karman dapat mengalahkan Pak Awang Ishak dalam pilkada 2007 yang lalu.Memang,sudah seharusnya jasa Miss Anita jangan dilupakan dalam sejarah kota Singkawang.

Cinta ingin menyampaikan sedikit opini Cinta tentang peranan  Miss Anita Tjung  dalam pre pilkada 2007 di kota Singkawang.Pandangan  ini,tentu saja dari sudat yang sangat berbeda dengan pandangan Bapak.

Marilah kita melihat sebagian dari kehidupan Miss Anita Tjung ini.

Miss Anita Tjung ,anak gadis  berwajah manis memiliki kulit halus putih bersih,lahir dan dibesarkan desa Kopisan,Kelurahan Sedau.Terakhir sebelum terjun kedunianya  tinggal dikawasan seberang Kantor DPU Singkawang.Disamping memiliki fisik baik,Miss Anita  juga memiliki talenta melayani.Dengan kemampuan yang dia miliki,dia bekerja pada salah satu  warung kopi di Saliung.Selama dia bekerja sebagai pelayan di warung kopi itu dia sempat jatuh cinta dan menjalin hubungan intim dengan Mr.B.Mr B ini adalah seorang pengusaha dalam bisnis jual beli motor bekas di jl.sama-sama Singkawang.Hasil dari buah cinta mereka itu sempat dikaruniahi seorang anak. Ketika anaknya lahir,Mr.B sempat menolak dan tidak mau mengakui bahwa itu anak biologisnya.Bagi Miss Anita sebelum anaknya  lahir,dia telah memperhitungkan kemungkinan Mr.B akan tidak mau mengakui anaknya.Untuk itu, Miss Anita telah mempersiapkan senjatanya yaitu uji DNA. Ketika Mr.B menolak terus dengan berbagai argumentasi gombalnya, Miss Anita mengancam dan meminta uji DNA untuk membuktikan Mr.B sebagai ayah biologis dari anaknya.

Miss Anita seperti pada umumnya wanita ingin disayangi dan dimanja oleh suami tetapi dia tidak ingin terus dimadu oleh Mr.B.”Kalau dimadu terus,berarti harus bagi cinta dengan orang lain” kata Miss Anita.Melihat tidak ada  peluang untuk mendapat kebahagiaan dalam  hubungan dengan Mr.B,akhirnya dia meminta berpisah dengan Mr.B. Miss Anita sangat kecewa dengan Mr.B sebagai seorang lelaki yang pernah dia cintai juga orang yang  menghancurkan kehidupannya.Dari pengalaman kehidupan rumah tangga yang tidak bahagia itu, kemudian dia mengembangkan kariernya sebagai wanita menemani kaum adam.Selama Miss Anita menekuni bisnis melayani dan menemani kaum lelaki dia banyak bergaul dengan para pejabat dan pengusaha.

Karier Miss Anita memuncak ketika dia terlibat dalam skandal Mercuri Gate.Pergaulan Miss Anita dengan Pak Awang Ishak ketika itu sangat dekat.Sebagai teman dekat tentu saja Pak Awang selalu memberi dan memperhatikan kebutuhan hidup Miss Anita dari segi materi.Hanya pesaing Pak Awang yang menawarkan materi yang lebih besar dan banyak kepada dia sehingga dia mau mengorbankan Pak Awang ,lahir kasus Mercuri Gate yang menghancurkan reputasi dan materi Pak Awang. Miss Anita ini bukan wanita yang mudah dihadapi,dia selalu memiliki persiapan dan perhitungan kepada orang(group orang) pernah memanfaatkan jasanya untuk menghadapi Pak Awang.Masalahnya tinggal berapa harga yang harus dibayar kepada Miss Anita untuk kesaksiannya.Kita tunggu saja pasti ada Mercuri Gate chapter two dalam kesaksian Miss Anita.

Ketika Pak Awang terlibat dalam skandal Mercuri Gate  momentum itu sangat menguntungkan Pak Hasan Karman sebagai cawako .Karena kelibatan Pak Awang dalam kasus itu dapat  merugikan Beliau dalam segi politik,materi,moral.

Bapak  Firdaus,kita tidak perlu tahu dimana Miss.Anita Tjung berada sekarang,yang penting bila dia mau memberi kesaksiannya  untuk kita ,ini yang selalu ditunggu oleh masyarakat Singkawang.

Salam,

CintaSingkawang

From:dewi lestari <dewi_lestari217@yahoo.com>
Subject:
Gosip : Membangaun Kota Singkawang spectakuler
To: cintasingkawang@yahoo.com
Date:
Thursday, October 9, 2008 6:29:45 AM

salam.......
 to the poin aj...saya gak biasa basa basi...

"Kesalahan terbesar yang telah dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Singkawang yaitu ketidakmampuan memahami perbedaan antara“janji” dan “impian”..."

sungguh tetap anda menyatakan hal ini....tepat jika disampaikan kepada anak2 TD dan SD..... jika memangitu juga yang ada dalam benak HASAN KARMAN.... ternyata seorang kandidat DOKTOR hanya mampu bermain dengan kata2..hanya mampu bersilat lidah..... tapi bagi saya..smua itu wajar bagi orangyang belum mengenal sama sekali "Seni Dalam memimpin MASYARAKAT bukan perusahaan"... saat ini....hampir satu tahun sudah waktu bagi KOTA SINGKAWANG tercinta terlewatkan begitu saja...tanpa ada satu kebijakan yang berarti..dengan kata lain..Tnapa HASAN KARMAN Pun, Tanpa walikota pun..Singkawang seperti ini.. saat ini Hasan Karman Hanya bagai Angin lalu...... jangankan sebuah karya nyata bagi Singkawang tercinta.... Ide cemerlang atau seutas konsep yang JELAS pun tidak ada....BULSHIT.....

MANA...MANA..Mana...Buktikan klu kamu HASAN KARMA benar2 Kandidat DOKTOR..bukan sarjana beli di pasar tanah abang.........

satu hal yang membuktikan KONSEP HASAN KARMAN tidak Punya ANALISA KEBIJAKAN PUBLIK yang matang..seperti pernyataan  ini :

"Kita perlu memiliki satu airport(pelabuhan udara).Tanda ada airport bagaimana Bill Gates dapat mengunjungi pak walikota untuk menanda tangani deal A Loi dengan perusahaannya.Kita dapat menawarkan kepada Bill Gates sebuah vila di gunung Pasih.Di Victoria Peak –Hongkong Bill Gates memiliki sebuah vila paling atas diatas puncak Victoria Peak itu,tempat ini konon katanya letak kepala Naga.Sedangkan gunung Pasih adalah letak ekornya Naga....."

Man....KARMAN......gunung passi itu KAWASAN HUTAN LINDUNG.....boro2 mau menyelamatkan lingkungan, membasmi pengrusakan hutan lindungoleh beberapa perusahaan.....eeehhhhh...malah mau bikin villa buat bill gate di sana..... MANA JIWA NASIONALISmu.....mau nya di AKUin sebagai warga negara INDONESIA...eh..malah mau jual DAERAH.....

Jawab.....jawan WAHAI KANDIDAT DOKTOR......

"Seorang Pemimpin yang baik, tak terlena oleh pujian, dan tak mundur oleh teguran dan kritikan" 

Salam Bahagia,

 From:Tjhai Kin Fung

     selamat sore saya ucapakan kepada cintasingkawang..selalu di dalam hati,di bibir dan di mana-mana teringat kepada CINTA SINGKAWANG.

     Saya kembali lagi ingin berbagi cerita kepada cinta..menurut koran hari ini yaittu tanggal 09-10-2008. bahwa paada wako kita yaitu pak Hasan Karmn akan mendapt demontrasi oleh ketua Rt sedau....untuk menuntut janji-jani pak Wako kita yaitu Hasan Karman...tetapi dalam bentuk audiensi.menurut Cinta bagaimana? Apakah tidak merugikan warga tionghoa pada khususnya? sampai jumpa...dilain kesempatan....

Jawaban dari CintaSingkawang(13 Oktober2008):

Karena nama “dewi” boleh dipakai wanita dan lelaki.Dalam hal ini Cinta memanggil  Anda “Dewi”saja.Cinta  salut kepada  Dewi begitu teliti membaca  artikel Cinta seperti kadidat Doktor sedang mencari jawaban baru terhadap sesuatu masalah .

Dewi,hubungan moral dengan akademis kadang-kadang  tidak bisa menjadi pegangan bagi kita untuk menilai  seseorang .”Janji” adalah moral isu,moral seseorang tidak ditentukan oleh kemampuan akademis yang dia miliki.Seorang memiliki kemampuan akademis tidak menjamin bahwa janji nya dapat dipercaya  atau dia tidak menipu kita. Menepati janji  merupakan suatu komitmen  moral,kita merasa bersalah jika kita tidak menepati  janji  yang pernah kita janjikan. Perasaan bersalah itu, adalah moral isu.Untuk membuat orang menepati janjinya  tidak cukup hanya mengandalkan nilai moral saja,harus ditambah konsekwensi hukum.Karena moral isu yang sulit menjadi pegangan kita. Seperti  janji(dibaca perjanjian)Pak wako kita dengan  seluruh ketua RT dikelurahan Sedau, adalah perjanjian tertulis yang  memenuhi persyaratan hukum yang berlaku di Negara kita.Tentu saja para ketua RT boleh menuntut melalui jalaur hukum.

Dewi, anda meragukan kemampauan kandidat doktor kita? Itu pandangan Anda secara pribadi.Cinta tidak tahu pasti bagaimana Anda dapat  berkesimpulan demikian.Apakah kandidat doktor kita hanya mampu membuat janji ? Tetapi tidak dapat work out dengan janjinya? Seharusnya seorang akademis bisa berfikir lebih kristis dan dapat membayangkan apa akan terjadi didepan,termasuk resikonya .Seorang doktor bisa saja secara akademis memenuhi persyaratan  kualifikasi memahami suatu disiplin ilmu tertentu,belum belum tentu dia bereputasi bidang ilmu yang dia pelajari.Juga  belum tentu dia pintar diberbagai bidang.Sekedar contoh,Pak wako kita kandidat doktor bidang menejemen lingkungan hidup belum tentu Beliau memahami ilmu pemerintahan(baca artikel Kursi Listrik).Lebih lucu  lagi jika Beliau tidak memahami konsep lingkungan  hidup,seperti pembabatan hutan lindung  di gunung Sari tempo hari. Pembabatan berhenti berkat masyarakat angkat isu ini dimedia cetak,bahkan membelokan kebenaran menjadi kepentingan karena pak wako menganggap pak Sekartaji tidak bersalah dengan segala macam argumentasi yang dipaksakan.Ini hanya sekedar contoh seseorang mendalami(belajar) suatu ilmu belum tentu dia memahami ilmu yang dia dalami.

Dewi,jika ada pemimpin mengatakan "Seorang Pemimpin yang baik, tak terlena oleh pujian, dan tak mundur oleh teguran dan kritikan" Itu bukan type pemimpin yang bijaksana,karena pemimpin  seperti ini tidak tahu siapa yang memilih dia.Dia hanya tahu dia dipilih.Pemimpin yang bijaksana dia akan memikirkan orang memilih dia baik itu melalui bentuk partai atau komunitasnya.Pada saatnya dia  dalam posisi tidak mampu  memimpin dia akan mundur dari jabatannya demi menjaga  reputasi  dan kepentingan partai atau komunitasnya.Sehingga partai atau komunitasnya mempunya goodwill dimata masyarakat,dan memberi kesempatan kepada pemimpin pengganti(baru).

Pak Chai, mengenai masalah pemberian tunjangan  untuk seluruh ketua RT dikeluruhan Sedau yang pernah Pak Hasan Karman janjikan kepada mereka.Itu adalah permasalahan perseorangan,tidak ada pihak berhak mewakili komunitas Tionghoa.Karena ini tidak menyangkut kepentingan komunitas Tionghoa Singkawang,maka itu komunitas Tionghoa tidak dirugikan dalam kasus  ini.

Konon menurut informasi  ,diantara para ketua RT itu ada  mantan team sukses Pak Hasan Karman ketika Pilkada yang lalu bahkan ada beberapa diantaranya bersumpah hidup mati bersama pak Hasan Karman.Kita tidak tahu pasti apakah dalam masalah tuntutan ketua RT Sedau itu didalangi oleh pihak tertentu(tentu saja lawan politik Pak HK).Sebagaimana kita sudah mengetahui bahwa pada pihak ketua  RT memiliki surat perjanjian bermeterai ditanda tangani oleh Pak Hasan Karman.Mereka memiliki bukti sudah jelas mereka berhak menuntut dalam hal ini.

Semoga penjelasan ini dapat memuaskan Dewi dan Pak Chai.Terima kasih.Jangan lupa selalu membaca CintaSingkawang untuk menambah wawasan Anda.

salam,

CintaSingkawang,13/10/2008

 

From: TJHAI KIN FUNG" <jayafung@yahoo.com>
Subject:
BERBAHAYA WAKO SERING BERMIMPI BURUK
To: cintasingkawang@yahoo.com
Date: Friday,
October 3,2008

Salam Sejahtera ,

Saya ingin sekali berbagi cerita dengan cinta...apa kabar cinta..saking banyaknya suka dengan cinta..sampai2 mimpi berbicara sama cinta...heeeeeeeeeeeeee

Apakah cinta mengerti apa yang di maksud dengan wako kita yang di singkawang..selalu bermimpi sama cinta...ternyata wako kita itu sedang mencari solusi untuk keluar dari api neraka ini..sudah berani berbicara lantang n janji-janji yang kuno,untuk berbohong kepada masyarakat kota singkawang (khususnya).Cinta tahu...supaya cinta bisa menolong wako dari berbagai masalah melalui cinta tersebut,

      Pak wako tidak mengerti sipil...sekarang yang mau ditunggu masyarakat kota singkawang adalah untuk melaksanakan janji2 wako kita...sampai kapan wako mau bangun kota singkawang?katanya banyak partner banyak relasi,,,banyak orang yang kaya (konglomerat)yang akan membangun singkawang..tunjuk kan visi n misi wako..jangan hanya pandai berbohong kepada publik..wako jangan kasih contoh yang jauh-jauh..klw gubernur jkt lain cerita..klw wako kan udah janji seratus persen bangun bandara,,pelabuhan..perusahaan..mana.................?satu pun ga nampak...jangan kan perusahaan yang di bangun..masalah air leding aja ga mampu mengatasinya...

 Tidak ada satu visi dan misi pak wako terlaksana...klw  kami pikir wako kita tidak mampu membangun kota singkawang...yang bisa membangun oleh wako kita adalah kota jakarta..banyak  yang keluh atas omongan besar pak wako..apa tidak malu jd seoorang wako tidak bisa menempati janji..lebih baik jangan berjannji yang muluk2..daripada berbohong..tapi...janji tetap harus di tagih.ya...........Saya saran kan kepada wako jangan selalu bermimpi.
Terima kasih.

Jawaban dari CintaSingkawang(4Oktober2008):

Yth Bapak TJHAI KIN FUNG,

Terima kasih Pak Chai, untuk emailnya. Rasa keprihatinan Bapak terhadap wako kita sudah sepatutnya mendapat perhatian kita semua.Menurut penilaian Bapak,ketidakmampuan wako kita membuat janjinya(impian) menjadi kenyataan untuk masyarakat Singkawang sangat disesalkan dan memalukan.

Sebagai manusia,kita sering mengimpikan sesuatu terjadi didalam kehidupan kita.Impian itu bermacam-macam bentuknya. Ada yang mengimpikan cepat kaya,kuasa. Yang jelas tidak ada yang mengimpikan cepat jatuh miskin.Pada umumnya sesuatu yang kita diimpikan itu luar kemampuan kita mencapainya dalam waktu sekarang (dekat). Sering orang tidak dapat membedakan sesuatu pernyataan bernilai(mengandung) makna  “janji” atau “impian”. Coba perhatikan dan mempelajari contoh ini :Tetangga Bapak mengatakan dia akan membelikan mobil baru untuk Bapak.

Jika ada tetangga kita mengatakan mau membeli mobil baru untuk kita,dalam hati kita pasti mengatakan “tidak mungkin” hal itu terjadi.Kalau itu terjadi,pertanyaan kita “uangnya dari mana?”.Kita tahu betul hal tersebut tidak mungkin akan terjadi. Pernyataan tetangga kita  itu tidak dapat kita anggap sebagai janji,apa yang dia komitmenkan kepada kita itu diluar kemampuan dia dan tidak realistis.Itu hanya sebuah impian(wacana)saja.

Begitu juga dengan Pak Hasan Karman ketika sedang kampanye menjadi wako pada tahun yang lalu. Beliau“menjual kecap” kepada masyarakat Singkawang tentang metode membangun kota Singkawang menjadi kota Spektakuler.Dalam bayangan mereka, dibawah pemerintah Pak Hasan Karman dalam sekejap saja kota Singkawang di sulap menjadi kota modern, memiliki bandara udara,plaza,pabrik,proyek,air leding boleh diminum secara langsung dari tap  tanpa harus dimasak(bersih).Bangun sekolah bermutu dan memberi pelayanan kesehatan first class  untuk umum.Dan menjadikan sungai Singkawang yang kotor itu menjadi seperti sungai Thames di Inggris .Para investor akan berbondong-bondong invest ke Singkawang, Singkawang menjadi kota gold rush seperti jamannya Lo Fong Pak,tetapi dibawah penguasa Bong Ma Fan .Gagasan semacam itu tidak boleh kita menganggap serius sebagai “janji”,tetapi hanya sebuah impian(wacana) Pak Hasan Karman saja.

Kesalahan terbesar yang telah dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Singkawang yaitu ketidakmampuan memahami perbedaan antara“janji” dan “impian”.Seandainya mereka itu lebih kritis dan memakai inteligensinya untuk menganalisa masalah ini dan bertanya”uang(dana)dari mana untuk membangun semua itu?”Sehingga pada hari ini mereka itu tidak perlu lagi menuntut dan menagih janji kepada Pak Hasan Karman. Karena mereka sudah tahu resiko yang  harus mereka terima jika memilih Pak Hasan Karman,apa yang telah Beliau ucapkan hanya sekedar “wacana” bukan “janji”,impian yang sukar menjadi kenyataan.

Mau tagih janji? Jika kita bertanya siapakah yang bersalah dalam hal ini Pak Hasan Karman atau masyarakat Singkawang yang memilih Beliau?  Dalam hal ini ,masyarakat Singkawang(mereka yang memilih Beliau) harus menanggung sebagian tanggungjawabnya.Ini menandakan ketidakmampuan sebagian dari masyarakat Singkawang tidak memakai “inteligensinya”(kecerdasan) atau inteligensinya tidak berfungsi dengan baik.Sehingga membuat kesalahan dalam hal ini(memilih pimpinan). Sekarang,mereka inilah yang  merasa dibohongi oleh Pak Hasan Karman dan menyalahi Pak Hasan Karman karena janjinya. Padahal mereka sendiri yang  membuat kebodohan tanpa memahami apa yang dimaksudkan oleh Pak Hasan Karman membangun kota Singkawang Spektakuler.

Dalam hidup ini, menghadapi situasi serba tidak pasti sudah sepatutnya kita harus berpikir kritis supaya kita tidak dibohongi oleh politikus yang hanya mengandalkan impiannya menjadi pemimpin.Jika kita melihat statistik nasional, kita akan menemukan betapa banyak daerah yang salah memilih pemimpinnya.Ada yang hari ini terpilih,besok pemimpin tersebut masuk bui.

Kalau kita melihat daftar nama caleg untuk kota Singkawang yang  baru saja diumumkan itu. Kita dapat memprediksikan perkembangan  politik di kota Singkawang kedepan, Pak wako kita akan menghadapi masalah besar karena Beliau akan berhadapan para pemain baru yang sudah berpengalaman dalam masalah birokrasi.Kebijakan yang dihasilkan oleh  Pak wako kita akan mengahadapi banyak tantangan dan pemblokiran.Kalau tidak hati-hati kota Singkawang akan mengalami “zero” pembangunan selama 5 tahun  dibawah pemerintahan Pak Hasan Karman.

Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan oleh Pak wako kita tanpa harus bermimpi yang muluk-muluk.Mulai dulu dengan hal kecil. Memiliki rencana kecil lebih baik daripada tidak memiliki rencana sama sekali.Persoalan yang dihadapi Pak wako kita yaitu Beliau belum mementukan proyek unggulan apa yang dapat memutar roda perekonomian dipedesaan.

Terima kasih.

CintaSingkawang

 

From: bong engseng <bongengseng@gmail.com>
Subject: Re: adipura
To: cintasingkawang@yahoo.com
Date: Friday, June 13, 2008, 12:19 AM

berita baru yang dimuat cintasingkawang kurang lengkap tentang adipura ...
1. tidak menilai sisi lain pengorbanan walikota rela berhujan yang tidak menghiraukan kesehatannya demi yang memamerkan penghargaan adipura.
2. apakah siswa yang ikut berhujan menunggu lewatnya penghargaan merupakan keiklasan hati dari diri siswa atau merupakan sebuah instruksi harus ?

tolong direvisi supaya agak lengkap...

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Bong Engseng,

Terima kasih atas perhatian  dari Bapak Engseng. Sudah merupakan kebahagiaan bagi kami untuk memberikan pelayanan terhadap regular customer  kami ,seperti Bapak. Permintaan dari Bapak untuk merevisi  cerita tentang Adipura,tentu saja kami penuhi permintaan tersebut. Karena Bapak  adalah valuable customer bagi kami.Menurut  penilaian Bapak dalam artikel kami tentang Adipura kurang lengkap,sehingga Bapak merasa kurang  puas dengan pengupasan tersebut. Hal ini telah menyebabkan ketidaknyamanan  Bapak ,untuk itu,kami minta maaf.

 

Kita harus salut dengan semangat Pak wako kita ketika memamerkan Adipura kepada masyarakat Singkawang,walaupun  pada hari itu hujan, Beliau tetap  melanjutkan acara pawai. Pak wako kita ,sebagai orang muda,humoris, senang adventure ,penuh ceria,bersemangat dan energetik,berhujan sehari tidak akan menyebabkan Beliau sakit. Ah….,tidak mungkin Beliau akan jatuh sakit. Karena Beliau selalu mengikuti nasehat dari CintaSingkawang yang selalu memberi rekomendasi  kepada Beliau  minum multi vitamin untuk menjaga kebugaran dan supaya bertambah energy.

 

Mengenai siswa selalu dijadikan penonton/supporter dalam berbagai acara yang diselenggarakan oleh pemerintah. Atau penyelenggara acara adalah pemerintah tetapi para siswa (pelajar) diminta untuk menghadiri acara mereka.Cinta tidak tahu pasti  apakah ada peraturan yang mengatur akan hal ini.Apakah siswa(sekolah) tidak berhak menolak permintaan(instruksi) dari pihak berwajib? Karena kegiatan seperti itu tidak ada didalam kurikulum sistim pendidikan nasional. Sebagai orangtua(wali) kita berhak untuk mengetahui kegiatan anak kita disekolah.Seperti cerita diatas,apakah pihak sekolah sudah meminta izin(memberitahukan)kepada orangtua murid bahwa pihak sekolah membawa anaknya untuk menghadiri suatu acara kemungkinan ada resiko(kecelakaan lalu lintas dll).

Menurut Cinta itu cara old fashion dan tidak manusiawi dengan memakai anak sekolah sebagai penonton/supporter.

Perlu dipikirkan cara yang lebih mendidik,seperti(dalam kasus Adipura).

Caranya seperti berikut:

Dikantor  Pak Wako kita disediakan satu ruang khusus menaruh penghargaan Adipura dan didindingnya terdapat poster(informasi) bagaimana mendapat adipura,manfaat menjaga kebersihan dan informasi lain yang ada berhubungan dengan kebersihan.Salah satu dari staf wako dilatih  untuk menjelaskan semua informasi itu. Kemudian Pemkot mengirim surat undangan  kepada seluruh sekolah yang ada diwilayah Singkawang untuk mengunjungi pameran tersebut.Sekolah yang mau mengunjungi harus bikin appointment dulu supaya dapat mengatur jumlah pengunjung per hari.Staf yang sudah terlatih akan memberikan penjelasan kepada pengunjung.Kemudian Pak Wako kita pergi menemui para pengunjung untuk say hallo kemudian foto bersama.Dengan demikian Wako kita akan semakin dikenal dan disayangi masyarakat Singkawang.

 

Semoga jawaban diatas dapat memuaskan Bapak.Bahkan Cinta telah menambah sebuah tips untuk memasyarakatkan Pak Wako kita seperti semboyan Pak Harto dulu”Memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat “kita ganti “Memasyarakatkan Wako dan mewakokan masyarakat”.Jangan setelah menjadi pejabat  menjadi orang asing di kota sendiri. 

Salam,

CintaSingkawang

 

Date: Sat, 24 May 2008 21:41:07 +0700
From: "Donny Setiadi" <do444y@gmail.com>
To: cintasingkawang@yahoo.com
Subject: Jangan Menghujat Pak Hasan Karman

Yth,Pembaca CintaSingkawang,

Kehadiran Cintasingkawang sebagai salah satu media alternatif sangat saya hargai,namun kalau melihat  isi dari website ini kok hanya  menghujat Pak Hasan Karman saja.

Apakah Cinta tidak punya berita lain yang bisa disajikan untuk komunitas kita warga Singkawang,agar dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di Singkawang.

Perlu kita ketahui bersama hakekat dari demokrasi adalah menghargai suara terbanyak,dalam hal ini Pak Hasan Karman dipilih oleh mayoritas rakyat.

Pak Hasan Karman adalah manusia biasa juga,masa hanya dalam tempo 5 bulan kita mau menjatuhkan beliau.

Mari kita bersikap bijak dan dewasa dalam memandang persoalan di Singkawang,kasih kesempatan kepada pak Hasan yang saat ini sedang berjuang mati-matian untuk kemajuan kota Singkawang.Semoga tulisan ini bermanfaat

Salam untuk semuanya

Donny

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Donny,

Reaksi Bapak terhadap  artikel yang dimuat di website CintaSingkawang perlu segera mendapat perhatian dari Cinta.Mungkin Setelah Bapak membaca artikel tersebut Bapak mengalami stress berat. Menurut penilaian Bapak artikel yang ada diwebsite kami menghujat dan usaha “defamation”  idola kesayangan Bapak. Cinta dapat memahami perasaan Bapak membela sesuatu yang Bapak yakini tanpa menguji fakta yang dapat mengubah pandangan terhadap keyakinan Bapak.  Perasaan Bapak seperti itu wajar, semua orang akan berperasaan dan bereaksi seperti itu jika menghadapi situasi yang sama.Begitu juga bagi pengunjung baru ke website ini mereka akan berpandangan seperti itu,tetapi jika mereka mau membaca beberapa artikel Cinta dengan seksama mereka akan merasa terhibur dan tidak prasangka buruk terhadap Cinta.Semakin baca akan semakin Cinta.

Sesuai dengan pengakuan Bapak ,Cinta merupakan salah satu media alfernatif.Terima kasih ,Bapak telah menyasari kehadiran  CintaSingkawang  didalam masyarakat Singkawang. Kehadiran Cinta  karena  dia sangat dibutuhkan oleh masyarakat Singkawang. Kebebasan berbicara dan  mengeluarkan pendapat  merupakan ciri demokrasi yang dianut oleh masyarakat Singkawang.  CintaSingkawang merupakan  media dari komunitas tersebut oleh sebab itu Cinta selalu berorientasi dan menjunjung tinggi pada norma yang dianut oleh masyarakat Singkawang. Adalah merupakan kewajiban kita untuk menghargai freedom of speech.

Menghujat Pak Hasan Karman? Cinta menafsirkan pengertian menghujat yang Bapak maksudkan itu adalah menfitnah. Dalam pemahaman fitnah yaitu perkataan yang bermaksud menjelekkan orang. Tindakkan  menjelekkan ada hubungan dengan menghormati,kita menjelekkan sesuatu karena kita tidak menghormati sesuatu. Cinta sangat menghormati Pak Hasan Karman,dan selalu menyebut Beliau dengan Pak atau Bapak.Cinta memuji kehebatan suara yang Beliau miliki, Beliau bertalenta dalam hal menyanyi dan humor. Cinta percaya seandainya Beliau menjadi kafilah mengikuti MTQ Beliau pasti keluar sebagai juara. Sangat tidak berdasar jika Bapak mendakwa Cinta menghujat Pak Hasan Karman.

Kita semua sudah tahu bahwa Pak Hasan Karman  menjadi wali kota Singkawang adalah hasil pilihan langsung oleh masyarakat Singkawang.Karena Beliau memiliki suara terbanyak dibandingkan kandidat saingannya.Ini bukan berarti bahwa Beliau memiliki suara mayoritas  masyarakat Singkawang.Bahkan apabila kita gabungkan suara yang bukan memilih Pak Hasan Karman , kita akan mendapat persentase suara ini yang jauh lebih besar dibandingkan suara yang memilih Pak Hasan Karman.Kesimpulan ini kita boleh mengatakan  mayoritas suara masyarakat Singkawang tidak memilih Pak Hasan Karman!

Siapa bilang Pak Hasan Karman manusia biasa? Beliau adalah manusia memiliki multi talent! Beliau telah memperhitungkan kemampuannya dapat membawa(membangun) kota Singkawang menjadi kota spektakuler sebelum mencalonkan diri menjadi wako Singkawang .Beliau akan membangun kota Singkawang tanpa mengandalkan APBD dan kalau rencana ini terwujud akan merupakan Walikota pertama di Indonesia yang berhasil dengan memakai konsep ini, Sekarang tergantung kemampuan Beliau untuk membuat mimpiannya menjadi kenyataan.Ini yang ditunggu oleh seluruh  masyarakat Singkawang.

Semoga jawaban Cinta ini dapat memuaskan Bapak.Cinta minta maaf, seandainya Bapak mengalami stress sesudah membaca Cinta.Pelan-pelan saja membacanya Pak!

 Salam,

CintaSingkawang

 

 

Date Thu,22 May 2008 15:20:49 +0700 (ICT)
From "Damris Arifin" <damrisarifin@yahoo.co.id>     
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject Singkawang kehilangan 5 tahun

Cinta,

5 bulan sudah Singkawang dipimpin walikota baru,5 bulan sudah masyarakat menunggu gebrakan baru dari walikota baru kita yang pada masa kampanye pilkada yang lalu menjanjikan Singkawang Spetakulernya,Para Investor akan berlomba-lomba datang ke Singkawang,Hasilnya ZERO.

Cap Go Meh yang dibangga-bangakan akan jadi seperti P.Bali,hasilnya Mimpi.Sesudah MTQ apalagi?Rusia? hasilnya baru ketahuan beberapa tahun kemudian,mau ajak masyarakat Singkawang bermimpi lagi?

Mr.Know-it-all ini hasil pilihan masyarakat Singkawang,itu berarti Singkawang telah salah memilih pemimpin,ini kesalahan kolektif seluruh masyarakat Singkawang yang terbuai janji-janji politisi karbitan ini.Dan masyarakatlah yang harus menangung akibatnya ,5 tahun kehilangan kesempatan,bukankah begitu Mr.Cinta?lalu solusinya bagaimana?

best rgds

Damris Arifin

Date Wed,21 May 2008 21:42:22 +0700
From "bong engseng" <bongengseng@gmail.com>     
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject Kepala Dinas Pendidikan Rangkap Jabatan (Hasan Karman Tdk Punya Orang)

yth Cinta Singkawang
Sudah Hampir 5 bulan berjalan .... mr hasan karman belum berbuat apa2, tanpa dia juga mtq pasti akan dilaksanakan disingkawang dan mungkin akan lebih meriah.
Masalah  baru muncul sekarang  coba  cinta cek di dinas pendidikan,  kepala dinas masih  plt sekarang kapan mau di ganti pak hasan ... dinas pendidikan kok plt terus.... kapan mau maju pendidikan, apalagi kalau tidak salah pltnya itu rangkap jabatan di asisten di sekretariat walikota. MANA MAU FOKUS.
Kacau sekali kalau kampaye yg kemaren mengembuskan dan menonjolkan dan mengutamakan pendidikan,,,, kalau tidak mampu mundur saja dari jabatan.

BY
orang cina singkawang yg peduli pendidikan
bengkel mobil online

 

Date Mon, 19 May 2008 00:45:46 -0700 (PDT)
From "Benny Murlly" <bennymurlly@yahoo.com>   
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject Pengusaha lokal

Dear Cinta

Kabarnya singkawang akan punya pabrik pupuk organik skala

besar,yg investornya pengusaha lokal dgn menggandeng pengu

saha luar negeri.Di Sedau juga ada taman dan kebun binatang

yg investasinya cukup besar,kabarnya investornya juga pengu

saha lokal.Yg ingin saya tanyakan,apakah investor dari jkt su

dah mulai investasi di skw,spt yg selama ini digembar gemborkan

 Tq.

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Pembaca Setia,
Attn:Bapak Benny Murlly,Bapak Bong Eng Seng dan Bapak Damris Arifin.
Rasa frustrasi  Bapak Bong Eng Seng dan Bapak Damris Arifin terhadap pemerintahan Pak Hasan Karman.Dapat Cinta maklumi. Peristiwa yang Bapak alami seperti dipengaruhi oleh sebuah iklan tentang mesin serba bisa. Dalam iklan itu tsb. ditayangkan kehebatan mesin tersebut, dapat memecahkan semua masalah yang dihadapi Bapak. Menurut pesan dari iklan tersebut Bapak tidak akan kecewa jika memiliki mesin tersebut.namun ternyata setelah  Bapak memiliki(membeli) mesin tersebut. Bapak menemukan bahwa mesin tersebut tidak bekerja seperti apa yang diiklankan/diharapkan.
Reaksi pertama dari perasaan kekecewaan, Bapak merasa ditipu oleh produk tersebut.Perasaan kena ditipu adalah perasaan bersalah pada diri sendiri dan rasa menyesal. Tentu saja Bapak merasa menyesal telah memilih pemimpin yang salah/keliru.Kesalahan yang kecil ini dapat menyebabkan orang lain menderita,seluruh masyarakat Singkawang harus menanggung akibatnya selama 5 tahun.

Sudah menghabiskan hampir 10 persen dari masa jabatannya(5 tahun) Bapak Hasan Karman belum dapat  menunjukan adanya perubahan kearah yang lebih baik bagi masyarakat Singkawang .Perubahan yang dapat dirasakan oleh masyarakat Singkawang.Dari hari ke hari masyarakat Singkawang terus merasakan standard hidupnya semakin merosot. Masa jabatan telah dihabiskan 10 persen itu diumpamakan dengan situasi berobat ke dokter.Bapak akan tahu tindakan apa yang harus dilakukan sebagai pasien jika telah menghabiskan obat 10 persen dari obat yang  diresepkan oleh dokter tersebut tanpa ada gejala yang dapat  menunjukan  kesembuhan dari penyakit .
 

Memang sudah saatnya memikirkan suatu  mekanisme mengatur jabatan pada pejabat harus berlaku seperti didalam system dunia  komersial,ada masa percobaan pada pejabat baru.Dalam jangka waktu masa percobaan(katakan selama 1 tahun)jika tidak menunjukan kemampuannya pejabat tersebut harus out dari jabatannya.Dengan demikian sebagai bentuk tanggung jawab dari pejabat terhadap mandat dari masyarakat yang memilihnya.Mari kita mulai terapkan budaya mundur ini  dikota Singkawang.
 

Mengenai investasi taman dan kebun Binatang di Sedau dan penyelengaraan MTQ di Singkawang.Kedua hal tersebut bukan hasil perjuangan pemerintahan Bapak Hasan Karman.Taman itu sudah ada dimasa pemerintahan Pak Awang,izinnya ditanda tangani oleh Pak Awang.MTQ XXII juga hasil perjuangan dari pemerintahan  Pak Awang.Orang yang paling berjasa dalam hal ini yaitu adalah Pak Awang!
 

Pupuk organik ? Hati-hati dengan penggunaan kata organik dalam kontek ini.Label produk pupuk ini harus jelas karena mengandung kotaran ternak(ayam).Kalau pupuk ini untuk diekspor,potensi menghadapi berbagai masalah.Karena tidak semua Negara mau menerima produk mengandung kotaran unggas yang mungkin mengandung bakteri dan virus dapat membahayakan kesehatan manusia dan tanaman.Menurut pengalaman beberapa petani yang pernah memakai pupuk dari kotoran ayam mengatakan kepada Cinta.Tanaman memakai pupuk dari kotoran ayam hasil buah dari tanaman tersebut kurang enak,seperti jeruk kering tidak juicy.Ini mengindikasikan pupuk dari kotaran ayam tidak cocok dipakai sebagai pupuk untuk semua tanaman.Jika ada investor mau investasi kebisnis ini,berarti dia sudah siap menghadapi resiko rugi.Saran dari Cinta untuk Anda,hati-hati jika ingin membeli saham perusahaan tersebut.
 

Mengenai ada jajaran dibawah Wako yang merangkap jawabatannya,ini menandakan Wako kita tidak mampu menyelesaikan masalah menejemen birokrasi.Merangkap jabatan dapat menyebabkan pertentangan kepentingan yang intinya akan merugikan masyarakat Singkawang.


Semoga Anda dapat terhibur dengan penjelasan ini.Jangan lupa selalu membaca CintaSingkawang.
 
Salam,
CintaSingkawang
24/05/2008
Date Mon, 12 May 2008 23:34:47 +0700
From "yenny Rustiana Yap" <yennyrustiana@gmail.com>  
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject Dizi Gui

Salam Cintasingkawang,

 Komentar beberapa pembaca Cinta,ttg Permasis yg sudah bergeser dari Visi & Misinya,telah mendorong saya menulis email ini.

Dikalangan tertentu di Jakarta telah beredar info bahwa Permasis akan memberikan pendidikan gratis pelajaran Budi Pekerti /Dizi Gui bagi anak2 para perantau di Jkt,konon ini ide dari Wako Singkawang tidak resmi yg bermarkas di Bandengan,saya salut dengan pak Wako skw di Jkt,mengingat di Singkawang banyak pihak yang mengklaim dirinya tokoh masyarakat,tokoh politisi,tokoh ini ,tokoh itu akan tetapi tingkah laku mereka sangat memalukan kita sbg org Singkawang.

Seperti kata pepatah "Guru kencing berdiri murid kencing berlari" apa tidak sebaiknya Permasis mengadakan Penataran Di zi Gui khusus bagi tokoh2 yg disebutkan diatas tadi,agar kelak tokoh2 yg mengklaim tadi bisa memberikan contoh yg baik bagi generasi kita mendatang,Mohon pencerahan dr.Cintasingkawang ttg hal ini.Terima Kasih

Best rgds

Yenny Rustiana 

Warga Skw di Jkt 

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Ibu Yenny R Yap,

Rasa kecurigaan dan kekhawatiran Ibu sangat beralasan terhadap pelajaran Budi Pekerti,Dizi Gui yang diselenggarakan oleh Permasis.Cinta sangat memahami perasaan Ibu Yenny seperti pada umumnya seorang ibu selalu berusaha melindungi anak-anaknya dari berbagai bahaya  dan pengaruh buruk terhadap kehidupan mereka.Ibu akan memilih makanan yang bergizi yang  mengandung nutrisi terbaik untuk anaknya.Dan berusaha menghindari makanan atau minuman yang dapat merusak kesehatan mereka.

Sebagai orangtua bukan hanya saja soal makanan yang dikonsumsi oleh anak  yang menjadi perhatian kita tetapi juga masalah pendidikan moral seperti ajaran-ajaran.Ideologi juga dapat merusak kehidupan seseorang.

Sepengetahuan Cinta belum ada statistik di Indonesia yang menunjukan pelajaran Dizi Gui tidak baik untuk anak.Begitu juga tidak ada fakta yang menunjukan bahwa  pelajaran Dizi Gui itu dapat memperbaiki karakter seorang anak dan bertambah bahagia didalam hidupnya.Kita masih belum tahu  pasti apakah pelajaran Dizi Gui ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak kita atau tidak.

Cinta mengerti,Ibu tidak ingin anak anak kita dijadikan sebagai kelinci percobaan oleh ambisi kelompok orang yang ingin memperbaiki karakter komunitas kita tetapi tidak tahu harus mulai dari mana.Saran dari Ibu sangat tepat dalam hal ini,kita tidak ingin melihat anak yang tidak berdosa itu menjadi korban ambisi sekelompok orang .Sesuai saran dari Ibu,kita usulkan pendidikan Dizi Gui diberikan dulu  kepada pengurus Permasis sebagai angkatan pertama mendapat penataran pendidikan Dizi Gui,kemudian diikuti oleh politisi  dan tokoh masyarakat yang ada di Singkawang sebagai angkatan kedua.Angkatan ketiga untuk mereka sebagai pengusaha yang ada Singkawang dan Jakarta.Setelah sekolompok orang  Singkawang yang terhormat itu mendapat penataran pendidikan Dizi Gui,kita sebagai rakyat kecil mengadakan observasi keefektifan pengaruh Dizi Gui terhadap mereka . Jika ada indikasi perbaikan moral dan karakter mereka,berarti pendidikan Dizi Gui itu aman untuk anak-anak kita.Kemudian anak-anak pada komunitas Singkawang  wajib mendapat pendidikan Dizi Gui.Setiap anak setelah mengikuti pendidikan Dizi Gui akan mendapat satu sertifikat.Kelak dapat dipakai sebagai referensi untuk melamar pekerjaan pada perusahaan milik komunitas Singbebas dan jika tidak dapat menunjukan sertifikat tersebut tidak akan mendapat pekerjaan.

Begitu kah yang Ibu,maksud ? Terima kasih.

Salam,

CintaSingkawang

 

 

Date Sun, 11 May 2008 01:03:54 -0700 (PDT)
From "Antonius Chin" <antonius.chin@yahoo.com>  
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject Prihatin

 

Salam,

Membaca artikel Cinta "Permasis Memilih Acara Peh Cun atau MTQ XXII"edisi 11 mei 2008,saya sangat prihatin,pertama organ sosial yang didirikan "KATANYA" untuk memajukan budaya telah bergeser ,dan yang kedua organ ini sangat diskriminatif terhadap komunitas tionghoa sendiri.

 

 Pada perayaan Cap Go Meh 2008 Permasis sama sekali tidak memberikan perhatian terhadap nasib para Tatung bahkan cenderung memaksakan kehendak untuk mengikuti aturan yang mereka buat,kenapa pada acara MTQ XXII ini mereka memberikan beasiswa para Qari dan Qariah? 

Menjelang Pilkada tahun lalu Permasis sangat antusias terhadap Peh Cun yang "Katanya"

tidak ada maksud politik kenapa tahun ini mereka malah membatalkan acara Peh cun tsb?

Bagaimana pendapat Cinta mengenai hal ini.

 

Antonius Chin   

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Antonius Chin,

Terima kasih atas email Bapak. Cinta dapat memahami rasa kekecewaan Bapak terhadap kebijaksanaan Permasis. Terutama Bapak merasa kebijaksanaan Permasis selama ini bersifat diskriminatif dan memperlakukan tidak adil terhadap komunitas Bapak. Keberatan yang Bapak kemukakan itu sangat Cinta hargai,ini menandakan Bapak sebagai warga baik dan konsen terhadap kepentingan komunitas. Memang,tidak seorangpun mau diperlakukan tidak adil dan didiskriminasi.

Jika Cinta berasumsi jika penilaian Bapak itu benar,(sayang sekali,dalam email Bapak tidak memberi data atau contoh kepada Cinta)bahwa Permasis memperlakukan diskriminatif terhadap komunitas Bapak. Ini adalah tindakan sangat tidak terpuji dan memalukan organisasi seperti Permasis. Yang donaturnya 100% dari masyarakat Tionghoa. Kebijaksanaan organisasinya belum menyentuh dan memberikan manfaat bagi komunitas Tionghoa.

Mengenai pertanyaan Bapak tentang pergeseran tujuan organisasi Permasis,dengan sangat berat Cinta tidak dapat menjelaskan gejala aneh itu. Karena untuk menjelaskan pertanyaan Bapak yang sangat spesifik itu kita harus memahami system prosedur dan proses sesuatu organisasi mengambil keputusan. Apakah dengan cara voting yang melibatkan semua anggota organisasi atau diputuskan oleh segelintir orang yang berpengaruh didalam organisasi tsb. Kebijaksanaan yang dihasilkan oleh kedua system itu akan sangat berbeda.

Tetapi ada satu hal yang Cinta ketahui,jika kita memahami point-point yang tertulis di misi dan visi di organisasi tersebut,kurang lebih seperti organisasi yang mengurus negara.Karena pointnya mencakupi pelbagai bidang kecuali tidak bidang pertahanan dan moneter.Jika kedua bidang itu ada , kita yakin bahwa misi dan visi Permasis jauh lebih baik dibandingkan falsafat negara dibeberapa Negara di Afrika!

Memberikan sesuatu kepada orang yang memerlukan adalah perbuatan yang terpuji.Makna dan tujuan memberikan sesuatu kepada seseorang atau sekelompok orang,maknanya bermacam-macam.Ada pemberian itu menandakan terima kasih,perhatian,simpati dan dukungan dari sipemberi kepada sipenerima. Dengan harapan pemberian itu dapat dimanfaatkan oleh siperima untuk meningkatkan standar kehidupannya. Sehingga nilai-nilai kemanusiaan dapat dimuliakan .  Ada juga pemberian yang bermotif dan bermakna menyogok,supaya siperima  mau melakukan sesuatu yang diinginkan oleh sipemberi. Keinginan sipemberi itu bermacam-macam,ada yang ingin mendapat dukungan,menandakan tindakannya bersahabat. Bahkan ada juga sipemberi merasa takut kepada sipenerima. Untuk menghilangkan rasa takut ,sipemberi memberi hadiah kepada sipenerima . Memang,rasa takut itu sifatnya aneh, kadang-kadang tidak didasari dengan logika yang jelas. Seperti kita takut dengan hantu.

Rencana Permasis memberikan beasiswa kepada para Qari dan Qariah yang keluar sebagai juara MTQ XXII di Singkawang masih belum jelas rencana ini sampai pada saat Cinta membalas email ini. Belum ada respon dari pihak panitia MTQ apakah para Qari dan Qariah bersedia menerima hadiah dari organisasi non Muslim seperti Permasis. Isu ini sangat sentisif supaya sipenerima bantuan tidak mendapat tekanan mental.

Cinta tidak mau berspekulasi tentang apa yang menjadi landasan Permasis tidak memberi perhatian kepada nasib para Tatung. Kemungkinan investasi kepada para Tatung satu hal yang tidak mendatangkan keuntungan bagi organisasi mereka.

Hubungan antara acara Peh Cun dengan Pilkada? Jika kedua peristiwa itu ada hubungan,sudah wajar kalau acara Peh Cun pada tahun ini dibatalkan karena tujuannya sudah tercapai. Pilkada sudah berlalu.Kita menunggu pada tahun 2009 nanti apakah acara Peh Cun diadakan atau tidak karena bertepatan pelaksanaan Pemilu. Dari disini kita dapat menarik kesimpulan apakah acara Peh Cun itu ada hubungan dengan kegiatan politik atau tidak.

Sekali lagi Cinta mengucapkan terima kasih atas curhat dari Bapak.Semoga jawaban dari Cinta ini dapat memberikan penghiburan kepada Bapak.Jangan lupa selalu membaca CintaSingkawang,Cinta tidak akan mengecewakan dan selalu menemani Bapak.

Salam,

CintaSingkawang

 

Date Sun, 11 May 2008 07:50:37 -0700 (PDT
From "Benny Murlly" <bennymurlly@yahoo.com> 
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject 2 wako skw

memang cinta gak tahu?,kalo skw punya 2 wako yg satu utk masyarakat skw di skw ,sedangkan wako yg satu lagi berkedudukan di jkt utk masyarakat skw di perantauan.Kabarnya wako skw mau ke rusia ya? cari investor ya.

 

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Benny,

Terima kasih atas konfirmasi dari Bapak tentang Singkawang memiliki  2 wako.

Beberapa waktu yang lalu pernah dalam suatu acara cerdas tangkas yang diadakan pada salah satu kampung di Singkawang. Acara ini diikuti oleh anak-anak dibawah umur 10 tahun. Salah satu dari pertanyaan didalam cerdas tangkas itu, menanyakan nama dan berapa wako Singkawang.Semua peserta memberi jawaban yang sama,menyebutkan bahwa kita memiliki dua wako yaitu satu utk wilayah kota Singkawang dan yang satu lagi untuk orang Singkawang diperantauan di jakarta. Dewan juri berunding untuk mengambil keputusan terhadap jawaban dari pertanyaan tersebut. Akhirnya dewan juri memutuskan jawaban anak-anak itu benar,kita memiliki 2 wako. Alasan dewan juri membenarkan jawaban anak tersebut karena masyarakat di kampung itu menganut demokrasi yang unik,yaitu nilai sesuatu kebenaran ditentukan oleh jumlah suara yang mengatakan hal itu benar. Dalam hal masalah 2 wako ini,mayoritas penduduk dari kampung tersebut percaya kita memiliki 2 wako.

Ketika acara cerdas tangkas berakhir,rasa kagum para panitia terhadap pengetahuan yang dimiliki anak kampung itu. Melihat kampung ini tidak memiliki perpustakaan yang dapat menambah pengetahuan para anak,dari mana para anak mendapat pengetahuan seperti itu kata salah satu anggota panitia . Siapa tahu metode belajar anak ini dapat dijadikan proyek percontohan untuk kampung lain kata ketua panitia menanggapi pertanyaan dari bawahannya. Untuk itu ketua panitia memberanikan diri bertanya kepada para anak darimana mereka mendapat pengetahuan tersebut. Dengan bangga anak kampung itu mengatakan kepada ketua panitia bahwa mereka sering menguping obrolan orang di warung kopi. Rumor mengenai Singkawang memiliki 2 wako bukan cerita baru,sudah lama beredar dikampung-kampung .

Sudah lama wako menyatakan keinginan Beliau ingin berlibur dinegeri Sam Po Kung(Tiongkok) kepada Cinta. Sebagai sahabat ,Cinta menasehatkan kepada Beliau,tunggu tiba musim panas didunia belahan utara baru berangkat kesana. Udaranya lebih cocok dengan dengan orang Indonesia. Pada musim pancaroba,cuacanya tidak stabil mudah kena flu.Holiday wako di Tiongkok untuk mencari kebugaran,bukan mengejar para investor. Cinta sempat sarankan kepada Beliau membawa pasak bumi kesana,siapa tahu kelak akar tumbuhan ini menjadi komoditi export. Karena pasak bumi dapat menambah performance sex bagi kaum adam,sementara masyarakat disana standar hidupnya semakin membaik ingin mencari kenikmatan lain.

Kita doakan semoga wako kita enjoy holiday nya.

Salam,

CintaSingkawang

 

 

Date Sat, 3 May 2008 22:42:27 +0700
From "bong engseng" <bongengseng@gmail.com>  
To cintasingkawang@yahoo.com
Subject kemana walikota saat upacara hari pendidikan nasional

Bapak Bong Eng Seng menulis:

betapa sibuknya kah walikota ....??? pada saat upacara di halaman kantor walikota memperingati hari pendidikan nasional tanggal 2 mei 2008 .. walikota tidak hadir...
hal ini sangat mengecewakan sekali... padahal pada kampanye mengaung agungkan pendidikan...

apakah walikota sibuk memikirkan investor atau sibuk memikirkan kemenangan kejuaraan dikucing..

gmana menurut pendapat cinta akan hal ini...

ttd

bong eng seng
bengkel mobil online

Jawaban dari CintaSingkawang:

 Yth Bapak Bong Eng Seng,

Terima kasih atas email Bapak.Rasa simpati Cinta terhadap sikap Bapak sangat mendalam,terutama sikap Bapak yang menaruh perhatian begitu besar terhadap masalah pendidikan di kota Singkawang. Kekecewaan Bapak terhadap Bapak Walikota kita,Pak Hasan  Karman yang tidak hadir dalam  upacara hari pendidikan nasional di depan halaman Kantor Wali Kota Singkawang pada tanggal 2 Mei 2008 yang lalu. Itu hanyalah awal dari satu kasus dari sebagian kasus kekecewaan akan didapatkan oleh  warga yang pernah memilih Beliau pada Pilkada akhir tahun lalu.

Memperingati hari pendidikan nasional,merupakan salah satu dari sekian hari penting bagi kehidupan  bangsa dan Negara kita.Ketidakhadiran Pak Hasan Karman dalam upacara memperingati hari pendidikan nasional adalah contoh sikap Beliau yang tidak baik sebagai insan berpendidikan.Ini dapat memberi dampak negatip terhadap keseriusan Beliau yang katanya mau meningkatkan mutu pendidikan di kota Singkawang.Kita tidak tahu pasti, alasan apa yang menyebabkan ketidakhadiran Beliau.Apakah sibuk memikirkan para investor /Konsorsium pengusaha-pengusaha yang digembar-gemborkan pada saat kampanye lalu ternyata tidak mau datang ke kota Singkawang?Atau Beliau merasa malas untuk menghadiri sesuatu acara yang tidak dihadiri para investor?

CintaSingkawang sempat berbicara dengan salah satu anak yang menerima penghargaan dari pemerintah kota Singkawang dalam prestasi dibidang pendidikan.Marilah kita mengikuti kesaksian dari anak tersebut: ”Ketika saya menerima penghargaan tersebut,dalam hati saya bertanya mengapa Bapak Hasan Karman tidak hadir dalam acara yang sangat penting ini? Ketika  musim kampanye Pilkada 2007 yang lalu Beliau selalu meningatkan kepada kami orang kampung betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan kami.Sampai ayahku selalu menjadikan Beliau sebagai idola orang berpendidikan tinggi. Tidak ada bedanya seperti tokoh Bapak Habibie pernah dijadikan symbol nasional dalam bidang pendidikan(setiap anak RI harus sepintar seperti Bapak Habibie).Gejala culture individu(pemujaan terhadap manusia) yang pernah terjadi pada   tahun 70an di negeri ini.Pada hari minggu yang lalu, saya mendapat satu pelajaran dari sekolah minggu.Bahwa manusia itu tidak dapat dijadikan contoh baik.Sehingga saya dapat terhibur sedikit dari kekecewaan terhadap sikap pemimpin kita yang munafik itu.”

Cinta belum sempat menghubungi Pak Aliok( Lio Kurniawan) untuk mendengar komentar dari Beliau terhadap insiden ini.Pak Lio sebagai champion memajukan pendidikan di kota Singkawang. Cinta dapat memastikan Pak Lio pasti sangat kecewa melihat sikapnya Pak Wako yang  tidak  terpuji itu. Ketika Pak Hasan Karman masih sebagai staf di PERMASIS ,Pak Lio sering menghimbau kepada stafnya  bahwa pendidikan itu harus ditaruh sebagai periotas utama.

Semoga harapan Cinta  komentar ini dapat menghibur  kekecewaan Bapak Bong terhadap ketidakhadiran Pak Wako kita dalam upacara memperingati hari pendidikan nasional.Jangan lupa selalu membaca CintaSingkawang.

Salam,

CintaSingkawang


Date: Thu, 17 Apr 2008 03:13:34 -0700 (PDT)
From: "Saufikar Saufikar" <fit4afik@yahoo.com>
To: cintasingkawang@yahoo.com

Subject: salut buat cintasingkawang

Salam kenal,

Wah saya sangat senang dengan adanya website ini.   Selama ini saya muak dengan berita2 di koran daerah yang nampak jelas sekali keberpihakannya.  Koran daerah seperti tempat pembodohan masyarakat dengan penuh orang populis yang mengaku tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh apa aja adaa disana.  Walaupun kadang2 kita sering tertawa membaca komentar2 konyol dan asal bunyi dari tokoh2 tersebut.

Dengan hadirnya website cinta singkawang, masyarakat singkawang diajak untuk berpikir kritis terhadap fenomena yang ada di masyarakat Kota Singkawang sekaligus sebagai penyeimbang pemberitaan koran2 daerah.

Ada hal yang menarik dari tulisan2 dari cinta :
Penggunaan gaya bahasa yang seadanya tapi tajam dan tepat sasaran; dan
berani komentar apa adanya;

Sekian dulu dari saya.....caoo
Saufikar Saufikar.

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Saufikar,

Terima kasih atas komentar Anda terhadap website kami,CintaSingkawang.

Sudah jelas banyak perbedaan antara Koran daerah dengan website kami dalam hal: isi berita,sasaran(target)pembaca,metode penyampaian informasi kepada masyarakat.

Website kami dirancang khusus memfokuskan masalah Singkawang,untuk pembaca kami dikalangan komunitas Singkawang yang berada dimana saja.Mereka ingin mengetahui  suatu peristiwa terjadi di Singkawang secara mendetil.Hanya website CintaSingkawang  menyajikan  berita exclusive seperti peristiwa “behind the news”untuk mereka,informasi seperti itu tidak mungkin didapatkan di Koran lokal.Tentu saja kupasan kami berbeda dengan koran daerah,kami memiliki berbagai narasumber berita dari berbagai channel,baik itu resmi ataupun tidak.Bisikkan dari para tokoh masyarakat Singkawang dan para pejabat.

Mengajak masyarakat Singkawang untuk berpikir kritis terhadap sesuatu peristiwa(masalah) yang  terjadi dilingkungan kehidupan mereka sudah merupakan kewajiban kami.Turut mencerdaskan komunitas kita merupakan tanggungjawab kita bersama.

Mengingat pembaca kami dari berbagai kalangan yang  memiliki tingkat status sosial-ekonomi berbeda-beda,maka kami mempergunakan bahasa Indonesia sehari-hari sehingga penyampaian ide kami dapat dipahami oleh semua golongan.

 Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Anda.Jangan lupa selalu membaca CintaSingkawang.

Salam,

CintaSingkawang

Date: Fri, 7 Mar 2008 23:58:11 +0700

From: Hendy Lie" <hendylie@gmail.com>  
To: cintasingkawang@yahoo.com

Subject: Hi Cinta

Hi Cinta,
Mau nanya donk, sebenarnya apa sih tujuanmu bikin website CS ini? Tolong jelasin donk...
Thanks Cinta
Salam,
Hendy Lie

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Hendy Lie,

Terima kasih.Bapak Hendy telah mengunjungi website kami. Kami senang memberikan jawaban atas pertanyaan dari pembaca kami terutama pembaca setia  seperti Bapak Hendy ini.Sudah merupakan tugas  dan kewajiban kami memberi pelayanan kepada pembaca kami sebaik mungkin.

Pada umumnya setiap website sudah ada informasi tentang tujuan dan sasaran,informasi yang  disajikan website tersebut kepada para pembacanya.Begitu juga website Cintasingkawang sudah memuat informasi tersebut pada halaman website kami.Harap Bapak Hendy membaca dengan teliti .

Website kami sangat berbeda dengan website lain yang memfokuskan pada masalah Singkawang.Website kami educate kepada pembaca kami tentang hak-haknya,berpikir kritis,analisa masalah dan opini,memahami pentingnya freedom of speech.Kami juga   mengingatkan kepada pembaca kami  sebagai anggota dari  masyarakat kita berhak mengetahui apa yang terjadi dilingkungan hidup kita, itu adalah bagian dari  peranan kita sebagai komunitas yang bertanggungjawab.

Website lain adalah website proganda ,pengutip berita dari pihak lain dari “ sana dan sini”,tidak sanggup menulis artikel opini dan analisa.Bahkan membodohi pembacanya.Sehingga dapat menyebabkan  pemgembangan sumber daya manusia komunitas Tionghoa Singkawang tidak berkembang seperti apa yang kita harapkan .Tanpa memiliki SDM Tionghoa Singkawang yang berpikir kritis, freedom of speech.Kota  Singkawang  akan tertinggal dalam pembangunan.

Semoga  jawaban kami ini dapat memuaskan Bapak Hendy .

Salam,
Cinta
CintaSingkawang,08Maret2008

Surat dari Bapak Hery Budiman

Date: Fri, 18 Jan 2008 10:40:13 -0800 (PST)
From: hery budiman <herboed@yahoo.com>
Subject: kritik dan saran
To: cintasingkawang@yahoo.com

Salam,
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada
tim "cintasingkawang" yang sudah berusaha
memberikan/menyebarkan informasi tentang Singkawang
tercinta- yang sebelum ini sangat kurang.

Mengutip apa yang Anda tulis di website Anda,

"Banyak berita yang menarik terjadi di kota Singkawang
yang tidak dimuat di media lokal dengan berbagai
alasan yang kita kurang mengerti. Melihat kenyataan
tersebut kita perlu sebuah media yang bebas dari
berbagai sensor untuk mengemukakan opini dan gosip
yang beredar dikomunitas Singkawang, khususnya
komunitas orang Tionghoa .."

saya merasa senang sekaligus PRIHATIN dengan
pemberitaan yang ada di website ini.

Seharusnya, sebagai media yang menyebarkan informasi,
Anda harus menyampaikan berita-berita yang ada tanpa
kecenderungan untuk membela satu pihak atau kelompok
tertentu. Kalau hal ini dilakukan, berita yang Anda
sampaikan akan "BIAS" dan kurang kredibel dari segi
penulisan.

Maaf, saya menulis seperti ini bukan berarti saya
lebih setuju atau mendukung pihak2 tertentu. TIDAK.
Saya warga asli Singkawang dan keluarga saya semua di
sana. Saat ini saya sedang mengajar di salah satu
universitas besar di Amerika. Saya kenal dengan tokoh2
yang Anda tulis di website dan saya kira kurang adil
jika pemberitaan Anda TIDAK SEIMBANG alias memihak.
Yang saya takutkan adalah jangan sampai tulisan2 yang
ada ini memprovokasi pihak2 yang dirugikan/menjadi
korban.

Semoga kritik saya bisa diterima sehingga kita semua
semakin CINTA SINGKAWANG.

Best,
Hery

Jawaban dari CintaSingkawang:

Yth Bapak Hery Budiman,

Terima kasih  atas perhatian dan rasa keprihatinan Bapak terhadap website kami,CintaSingkawang, Sikap kepedulian Bapak terhadap kota Singkawang sudah sepantasmya  mendapat pujian dan menjadi teladan bagi warga Singkawang yang lain.

Pendapat dan penilaian Bapak terhadap website kami sangat kami hargai.Kami tidak akan menilai latar belakang status sosial- ekonomi sipenulis(yang memberi pendapat),yang penting bagi kami apakah materi yang dia sampaikan itu memiliki logika yang dapat diterima secara common sense.Setiap pendapat dan penilaian terhadap kami akan mendapat perhatian dari kami.

Bagi kami , tidak penting untuk mengetahui pendirian Bapak memberikan dukungan terhadap pihak yang mana ,Yang jelas Bapak ada memihak,sehingga Bapak berpendapat dan menilai terhadap artikel yang ada di website kami bernada membela dan memojok pada para tokoh tertentu yang ada di Singkawang. Perlu kami tegaskan,website Singkawang adalah media independent tanpa dipengaruhi oleh siapapun,tidak mendapat subsidi dana dari pihak manapun.Tidak seperti media cetak yang ada di Singkawang  mendapat dana dari  APBD Pemda , sebesar  Rp 100 juta.

Sejauh ini, belum ada pihak yang merasa dirugikan oleh berita yang dimuat diwebsite kami.Karena sampai saat ini kami belum menerima  any complain secara resmi (tertulis) dari pihak yang  merasa dirugikan.Ini sudah cukup menjadi bukti bahwa cara penulisan kami kredibel dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Jika Bapak berpendapat artikel di website kami hanya menyorot pihak-pihak tertentu saja,ini sangat tergantung dari perkembangan politik terkini di Singkawang .Seperti penyiaran  TV  cover  sesuatu pertandingan sepak bola kameranya selalu dibidikkan kearah bola,pemain membawa bola menjadi bidikkan(dalam fokus) kamera.Begitu  juga fokus penulisan kami.

Harapan  kami,melalui penjelasan ini  dapat memuaskan  dan  akan menghilangkan keprihatinan Bapak terhadap website kami. Jangan lupa  selalu mengunjungi website kami karena ini  akan memberi banyak inspirasi untuk Bapak. Terima kasih.

 

Salam dari  CintaSingkawang

 

CintaSingkawang,20 Januari 2008