Sanggupkah STIE MULIA  Singkawang dapat bertahan terus?

12 Agustus 2009
Komentar:

STIE Mulia adalah nama dari salah satu perguruan tinggi swasta di kota Singkawang.Bagi masyarakat Singkawang menyebut perguruan tinggi ini perguruan tinggi identik menyebut ‘Aliok”. Karena  Pak Aliok adalah pemilik STIE Mulia.Sejarah berdirinya  perguruan tinggi STIE Mulia berdasarkan inspirasi Pak Aliok, pada masa  kecil Beliau melihat sebidang tanah kosong di depan rumah keluarganya.Impiannya betapa baiknya seandai diatas tanah kosong itu dibangun satu perguruan tinggi. Sesudah Beliau menjadi pengusaha sukses di Jakarta,dengan semangat “let’s build our town” kemudian Beliau mengumpulkan beberapa donatur,Beliau  kembali ke Singkawang  untuk membangun STIE Mulia. Perguruan tinggi STIE Mulia menyediakan program ekonomi ,manajemen.

 

Seperti pada umumnya perguruan tinggi swasta,mengandalkan dana dari para donaturnya untuk membiayai kegiatan operasi  . Tanpa dana  sumbangan dari donator tentu saja akan mempengaruh efisiensi kegiatan belajar- mengajar,bahkan dapat mengancam kelangsungan perguruan tinggi tersebut. Inilah menjadi kekhawatiran masyarakat Singkawang  sekarang, terhadap masa depan perguruan tinggi STIE Mulia .Mengingat Pak Aliok tidak lagi menjabat ketua PERMASIS , ini mungkin dapat mempengaruhi para donator yang enggan memberikan bantuan lagi ataupun menjadi bahan pertimbangan pada mereka menyalurkan dananya ke STIE Mulia. Kehilangan posisi Beliau di Permasis ,seperti  kehilangan mesin pencari donatur.

 

Selain menghadapi masalah dana yang masih belum jelas pemecahannya, STIE Mulia juga menghadapi masalah administrasi,perizinan.Izin Prodi dikampus,harus diperpanjang setiap tahun.Pada hari ini(12/08/2009) pihak Kopertis akan datang  kampus  STIE Mulia  untuk evaluasi STIE Mulia apakah layak izinnya diperpanjang. Banyak hal dapat dijadikan bahan  pertimbangan dan penilaian bagi pihak Kopertis, seperti pemilikan tanah. Salah satu gedung (serbaguna)dibangun diatas tanah pinjaman, pemilik tanah memberi hak guna kepada Pak Aliok selama 20 tahun.

 

Menurut  rumour yang beredar di masyarakat Singkawang, tak lama lagi kota ini akan dibangun  satu universitas swasta yang akan didukung oleh seorang pengusaha papan atas Indonesia. Seandainya rumour ini benar, perguruan tinggi di kota ini akan menghadapi suatu persaingan baru. Tentu saja ini akan menjadi tantangan baru bagi STIE Mulia. Tanpa dukungan dana,manajemen,administrasi yang baik tentu saja akan sulit menghadapi saingan.

 

 

CintaSingkawang,12 Agustus 2009