Regenerasi Kepemimpinan MABT Singkawang

19Juli 2009
Komentar:

Meregenerasi Kepemimpinan dan kader merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap organisasi demi eksistensi organisasi tersebut. Organisasi  tanpa melakukan regenerasi kepemimpinan ataupun kadernya  akan  menghadapi  berbagai tantangan dalam menjalankan fungsinya  di masyarakat. Organisasi ormas tidak ada bedanya dengan dunia industri komersial,supaya perusahaan dapat survive dan menang dalam persaingan merebut market. Perusahaan tersebut  harus dapat menghasilkn produk unggulan baru  yang berkualitas tinggi dan produk tersebut disukai  oleh market(masyarakat).

 

MABT Singkawang,tidak ada bedanya dengan ormas yang lain yang ada di daerah Singbebas ,seperti PERMASIS perlu regenerasi kepemimpinannya untuk menghadapi tantangan jaman. Dari fakta di lapangan memberikan indikasi MABT Singkawang  selama ini dibawah kepemimpinan, Bapak  Kurniawan Wijaya( Po Fat) tidak mengalami kemajuan dan dukungan masyarakat. Bukti ini sangat jelas:

-Tidak menghasilkan program kerja yang baru  ataupun penyuluhan yang bermanfaat untuk masyarakat, selain program keluarga berencana.

-Tidak ada penambahan kader atau anggota baru,malah satu-per satu meninggalkan ormas itu. Masyarakat enggan  melibatkan diri dan memberikan dukungan  kepada MABT karena  management organisasi tertutup,tidak menghasilkan program kerja baru  yang bermanfaat bagi masyarakat.

-Persoalan management,menurut keluhan staf MABT kepemimpinan Bapak Kurniawan tidak dapat bekerjasama dengan staf lain.Beredar rumor di Singkawang  staf MABT akan mengundurkan diri secara massal  jika MABT  mempertahankan kepimimpinan lama tanpa memberikan kesempatan  kepada staf yang  lain untuk menguji posisi tersebut.

 

Jika  MABT Singkawang  tidak mengadakan proses  regenerasi kepemimpinan yang sesuai kaidah demokrasi ,cara voting (pemilihan).Ormas ini akan mengalami kemunduran.

Sudah  saatnya MABT Singkawang memikirkan isu regenerasi kepemimpinan supaya ormas ini dapat survive dan  mendapat dukungan banyak dari masyarakat  Singkawang.Semoga MABT Singkawang  bertambah maju.

 

CintaSingkawang,17 Juli 2009