Rapat pertikaian Panitia Cap Go Meh 2009

03 Februari 2009
Komentar:

Rapat pertikaian Panitia Cap Go Meh 2009 yang diprakasari oleh Kapalres Singkawang  hari di Singkawang dipimpin langsung oleh Kapolres,hadir dalam pertemuan itu antara lain : kapolres,dandim,setdaBWK,Chai Ket Khiong,Chin Miau Fuk berserta istrinya ,Bong Li Thiam,Budiman dll.

Selain dihadiri oleh tokoh2 masyarakat juga menarik perhatian para praktisi hukum di kota ini.Karena rapat tadi pagi banyak memunculkan materi hukum  yang akan diuji nanti sehubungan dengan adanya gugatan hukum yang diajukan oleh pihak yang merasa dirugikan oleh panitia CGM 2009yaitu menyangkut masalah Ham,karena menghalangi orang menunaikan ibadah  sesuai  agama yang mereka percayai.

Pada prinsipnya Kapolres menyetujui boleh berdiri lebih dari satu altar.Tetapi, Kapolres menyarankan ke 3 altar tersebut harus terletak didalam satu lingkungan sehingga pengawasan lebih  mudah.Kedua belah pihak  setuju dan menerima saran Kapolres tersebut.

Ketua panitia pelaksana CGM2009,Pak Chin Miau Fuk meminta  hak tunggal  yg boleh melakukan acara lelang hanya pada altar permasis.Ide tersebut ditentang  oleh Chai Ket Khiong,”Hak umat agama kami juga harus dihormati “:kata Pak Akhiong dengan suara lantang,karena hak seperti itu merupakan monopoli CGM.

Kapolres juga mengingatkan kepada pihak melaksanakan acara CGM untuk menghormati  komunitas yang tidak melaksanakan CGM.Pada jam-jam tertentu jangan ada bunyi  gendang.

 

 

CintaSingkawang,03 Februari 2009