Kandidat yang akan bertarung pilwako Singkawang 2012

 

 

26 Februari 2012

Komentar:

Ketika Pak HK mendengar kabar bahwa Pak Alex dan Pak Asan(Nursantio) gagal dalam verifikasi tahap awal dari partai Golkar,  Pak HK tertawa penuh kesenangan. Karena nama kedua pelamar itu sudah dicoret dari daftar Golkar berarti musuhnya sudah berkurang yang akan dihadapi pada pilwako Singkawang nanti. Bagi Pak Aliok tertawa kesenangan Pak HK itu adalah tertawaan terlalu “awal”, diingatkan masih banyak kegagalan dan kesakitan yang akan dihadapi Pak HK pada hari- hari mendatang ini,

Menurut narasumber CintaSingkawang yang mendapatkan bisikan Pak Aliok yang tampak sibuk mengontak Asan agar segera menyusul setibanya di  bandara Supadio, Pontianak dua hari yang lalu,dimana mereka sudah merencanakan sebuah “hadiah” besar akan diberikan kepada Pak HK.    

 

Ketika Pak HK sedang menimbang siapakah yang harus dipilih satu dari tiga calon: Pak Ahyadi, Pak Syech Bandar dan Pak Isa sebagai wakilnya. Tetapi Team Pak Aliok dkk  sudah mulai menyusun program kerjanya. Satu hari sesudah pelengkapan kampanye tiba di STIE Mulia Singkawang, lima unit mobil dan 28 sepeda motor, dua unit sepeda motornya telah diserahkan kepada staff  kampanye.

Para kordinator kecamatan akan mendapat satu unit mobil sedangkan kordinator kelurahan mendapat satu unit sepeda motor. Dengan catatan: mobil dan motor tersebut dipinjamkan kepada staffnya. Jika kelak mereka menang dalam pemilihan, mobil dan sepeda motor akan dihibahkan kepada staffnya sebagai hadiah. Kalau kalah, ya tidak mendapat apa apa. Sistem ini tidak terlalu jelek tetapi tidak sempurna. Walaupun kalah, seharusnya mobil dan sepeda motor akan diberikan kepada staffnya  yang berhasil memiliki suaranya terbanyak di daerah yang menjadi pos  tanggungjawab mereka.  Toh, mobil dan motor merupakan sumbangan dari Bos Medan yaitu Pak Yu Mo. Insentif ini akan mendorong  individu staff lebih  bertanggungjawab mengejar sasaran yang akan dicapai.

Demikian pula Pak Aliok telah berhasil mendapatkan pinjaman sebuah bangunan dari Pak Bui Kiat di Jl.Hermansyah yang sekarang menjadi seketariat Kampanye Kubu “Bersama Membangun Singkawang” sebagai reinkarnasi politik “Singkawang Spektakuler” yang menurut para pengamat politik Singkawang memiliki kesamaan style kampanye karena memang berasal dari satu habitat dan DNA yang sama.

 

Walaupun belum ada pernyataan resmi dari pihak Pak Aliok tetapi sudah dapat dipastikan Pak Aliok tidak akan ikut sebagai kandidat cawako Singkawang 2012. Karena mendapat ancaman dari pihak Pak HK dkknya yang akan membeberkan track record Pak Aliok yang sangat “rahasia” itu kepada umum via CintaSingkawang. Namum demikian, mantan ketua Permasis dan mantan Lions Club ( info terakhir baca:Pak Aliok sdh bukan presiden Lions club Kalbar lagi) ini masih bersemangat untuk menghukum Pak HK melalui kotak suara pada saat pilwako. Perang lelang antara Pak Aliok dan Pak HK sudah dimulai di Klenteng di jalan Alianyang Singkawang. Para pendukung Pak Aliok berhasil mengalahkan para pendukung HK.  Bahkan Pak Aliok menentang Pak HK bertanding pasang kembang api semalam yang kemudian dihentikan oleh aparat dari Kodim Singkawang,menurut informasi yang diterima CintaSingkawang perang kembang api akan dilanjutkan malam ini.

 

Untuk sementara waktu ini Pak Aliok belum siap untuk maju pilwako tetapi  situasi ini dapat berubah jika Pak Aliok dapat mengatasi ancaman dari Pak HK  itu, dan jika pada saat verifikasi dari KPUD menggagalkan Pak Nursantio maju. Tentu partai Gerindra dan partai Pakar Pangan akan mempertimbangkan kepentingan dan nasib partainya pada pemilu mendatang. Supaya partai dapat maju dan populer dimata masyarakat maka perlu bekerjasama dengan orang populer yang dapat membawa partainya ke masyarakat Singkawang. Dukungan dari partai dan masyarakat pada saat itu dapat mendorong Pak Aliok harus maju. Dalam  politik hal seperti itu tak mustahil akan terjadi.

 

Sudah dapat dipastikan pada pilwako Singkawang 2012 akan diikuti  7(tujuh) pasang kandidat yakni:

 

-Koalisi partai PAN+Hanura+PPD akan mengusung  Pak Awang

-Koalisi Gabungan partai- partai non kursi : Adhie Karsidi

-Koalisi Golkar  +  P3 : (?) catatan;setelah verifikasi tahap awal dapat dipastikan koalisi ini akan menggusung kandidat tokoh muslim karena pelamar non muslim sudah gugur.

-PPIB  + PDIP : Pak HK

-Koalisi Gerindra + Pakar Pangan: Pak Nursantio

-Koalisi Demokrat + partai ?) : Pak Thomas Henock

-Independen/ perseorangan: Pak Ignasius Apui

 

Melihat fakta para kandidat tersebut, ada kandidat yang berpotensi  menghadapi masalah ketika KPUD mengadakan verifikasi mereka. Bahkan mereka dapat digugurkan oleh KPUD.

Mereka yang beresiko yaitu Pak Nursantio dan Pak Apui.

Kondisi fisik pada diri Pak Asan akan menjadi bahan pendebatan, penafsiran dalam UU pemilu yang memiliki pasal multitafsir tersebut. Dalam bahasa Indonesia kurang jelas mempresentasikan pengertian pada penyandang cacat; jenis cacat. Apalagi dalam pengertian untuk menafsirkan kata “sehat”, tidak terdefinisi jelas dalam pengertian hukum.  Apakah  seorang cacat bagian anggota badannya( kaki) dapat mengganggu dalam menjalankan tugas sebagai walikota ? Ini dapat diperdebatkan.

 

Sedangkan Pak Apui akan menghadapi bagaimana mengumpulkan puluhan ribu fotocopy  KTP dan tanda tangan masyarakat Singkawang sebagai bukti mendukung Beliau. Mengumpulkan dalam jumlah puluhan ribu tandatangan dan fotocopy KTP bukan hal yang mudah dalam waktu yang singkat bisa membuat kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

 

Untuk dapat memastikan para kandidat yang bertarung yang sebenarnya untuk kursi Walikota Singkawang tentunya para pembaca harus bersabar sampai KPUD mengumumkan nanti.

 

Selamat menunggu..............sambil menikmati permainan Pak Aliok tentunya

Pak Aliok...jia you!!!

 

CintaSingkawang, 26 Februari 2012