Pasangan Alex EM- Iwan Gunawan Singkawang

"Budiman/Chang Cin Fuk mantan team sukses HK telah menyeberang ke kubu Alex- Iwan"

10 September 2011

 

 Catatan: Tulisan ini tentang pasangan  cawako - cawako Singkawang 2012-2017. Silakan Anda mengirim  saran, dukungan atau opini  Anda terhadap pasangan  cawako kita ke redaksi CintaSingkawang ( cintasingkawang@yahoo.com ). Terima kasih atas perhatian Anda.

Komentar:

Deklarasi  pasangan Pak Alex-Iwan  untuk  ikut Pilkada Singkawang 2012, merupakan berita cukup mengemparkan masyarakat  di kota Singkawang . Deklarasi tersebut sempat mengundang  berbagai macam tanggapan dari kalangan masyarakat terhadap pasangan ini.  Pak HK merespons dengan anggaran belanja  yang pro ”masyarakat Singkawang”, dengan harapan dapat membeli suara untuk menghadapi mereka pada Pilkada 2012 nanti. Padahal beberapa  bulan yang lalu ketika Pak HK dan Pak Alex  kebetulan ketemu di sebuah  restauran di Singkawang  sempat  terjadi sebuah  “adu mulut”   diantara mereka berdua.  Pada waktu itu  Pak Alex telah memberi “peringatan” kepada Pak HK bahwa Pak Alex akan menentang Pak HK dalam Pilkada 2012 nanti.  Pencalonan  Pak Alex sebagai  pemain baru  untuk meramaikan bursa pilkada 2012 merupakan bagian menepati  janjinya kepada Pak HK.

 

Ketika Pak Awang Ishack  mendengar  berita tentang pasangan Pak Alex-Pak Iwan akan maju ke bursa pilkada 2012 merupakan  sebuah kabar gembira yang  sudah lama Beliau tunggu.  Diumpamakan seperti  sebuah  bingkisan Lebaran, bungkusannya indah.  

Paling tidak ada dua alasan membuat  Pak Awang  gembira.  Pertama :Pak Iwan adalah teman dekat dan  mantan teman bisnis Pak Awang. Kita selalu gembira melihat teman dekat kita melakukan kegiatan baru dalam hidupnya. Begitu juga Pak Awang  senang  melihat Pak Iwan ikut bersaing dalam pilkada 2012. Kedua: Suara dari komunitas Tionghoa Singkawang akan pecah; dengan asumsi para pemilih memberi  suaranya berdasarkan referensi etnis.  Jadi, suara  yang akan memilih Pak HK akan berkurang . Jika peluang  ini dimanfaatkan dengan baik  akan memberi  kesempatan untuk  Pak Awang mengalahkan Pak HK  pada Pilkada 2012 karena pasangan Alex - Iwan ini adalah buldozer bagi jalan Pak Awang menuju KB  1 C.

 

Sesudah mengumumkan  ikut pilkada 2012, pasangan ini sudah mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat. Ini menandakan keseriusan pasangan ini  melakukan misinya  mengalahkan Pak HK. Walaupun ada kalangan meragukan kemampuan  pasangan ini sebagai alternatif  pilihan mengganti  Pak HK.  Namun tidak  mengurangi  dukungan dari kalangan tertentu. Pak Aliok sudah menyatakan memberi dukungannya 100 persen kepada pasangan ini. Tentu saja Pak Aliok dan pendukungnya(pengikut doktrin Aliokisme) mendapat  manfaat dari pasangan ini. Karena  Pak Aliok dan pendukungnya  ingin melihat bagaimana Permasis menangani  Pak Alex. Menurut  AD/RT  Permasis pada pasal 23; setiap pengurusnya  yang mencalonkan diri atau ikut suatu pilkada harus mengundurkan diri dari jabatan di Permasis. Tentu  saja ini akan merupakan sebuah tekanan  dan beban yang harus dihadapi Permasis. Faktor  pendukung Pak Aliok  yang masih ada di organisasi  akan memanfaatkan  kesempatan ini  menjelang  pemilihan ketua Permasis. Sudah ada desas desus akan mencalonkan  Pak Nursantio sebagai ketua Permasis periode berikut.  Tetapi suara menentang pencalonan ini berdatangan karena  Pak Asan  adalah Aliokisme

 

Ada kalangan tertentu menaruh  curiga kepada Pak Iwan bahwa Pak Iwan adalah  bagian  dari suatu “sindikat”  untuk memperlemah dukungan masyarakat kepada Pak HK. Sehingga  suara etnis  Tionghoa Singkawang tidak terfokus pada satu kandidat. Melihat fakta di lapangan; sudah banyak Tionghoa Singkawang merasa tidak puas cara Pak HK mengurus kota Singkawang. Sebagian besar dari mereka  telah memutuskan tidak akan  memilih Pak HK lagi pada pilkada mendatang. Ada kemungkinan suara mereka akan ditampung oleh pasangan Pak Alex- Iwan.  Di kalangan yang menganut” asal bukan HK” memberi  simpati kepada pasangan ini.

 

Selama ini Pak HK menghadapi  berbagai masalah bernuasa tekanan  politik. Ketika artikel ini sedang ditulis, Pedro Halim( Anyian) yang kini telah dimasukan secara paksa ke  hotel Prodeo di Pontianak,  sebagai tahanan Tipikor Kalbar (pengadilan Tindak pidana Korupsi). Ketika pihak Tipikor Kalbar di Pontianak memeriksa dia, dengan suara merdu Pak Anyian mengatakan “Pak HK  menerima uang  untuk proyek pembangunan Terminal Singkawang dari saya ,sedang Pak Edy Yacuob hanya  mendapat janji tranfer  Rp.100 juta saja tapi saya belum pernah transfer kepada dia”.

 

Sementara itu mantan setda Pak Suhadi sudah mewanti-wanti  “Awas jangan korbankan kami dari team sembilan, kami tak mau dikorbankan” demikian keterangan dari  Pak Suhadi kepada kontributor CintaSingkawang beberapa waktu yang lalu. Itu hanya salah satu dari kasus yang sedang dihadapi Pak HK.

 

Pak HK akan memakan banyak  energy untuk menghadapi  pasangan Pak Alex-Iwan, terutama  Pak Iwan banyak memiliki data yang dapat merepotkan Pak HK. Seperti penyaluran dana  dari pengusaha walet  kepada Pak HK. Semakin banyak kandidat yang ikut pilkada semakin  banyak tenaga yang dibutuhkan  Pak HK untuk menghadapi mereka.

 

Nantikan artikel CintaSingkawang  berikutnya Pasangan  Awang  -A.Muthalib..........

 

 

 

CintaSingkawang, 10 September 2011