MUSYAWARAH BERSAMA PENGURUS MASJID

SE KOTA SINGKAWANG - KALIMANTAN BARAT

Musyawarah bersama dari Pengurus Masjid dan Surau serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Muslim Se Kota Singkawang yang telah dilaksanakan pada hari : Rabu, 4 Pebruari 2009, bertempat di Masjid Al Kautsar Jl. Siaga Kel. Singkawang Tengah Kota Singkawang Kalbar, dengan acara pokok yaitu pembahasan masalah keberadaan patung naga yang pembangunannya difasilitas umum Kota Singkawang.

Adapun hasil kesepakatan seluruh peserta musyawarah bersama tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Menolak keberadaan patung naga dibangun di perempatan Jl. Kepol Mahmud dan Jl. Niaga yang merupakan fasilitas umum di Pusat Kota Singkawang 
  1. Menolak Pembangunan patung naga tersebut karena tidak didasari Perda dan Persetujuan Masyarakat dalam Program Pembangunan yang tertuang sebagaimana mestinya.
  1. Menolak Pembangunan patung naga karena tidak memberikan manfaat kepada Masyarakat Kota Singkawang yang multi etnis (fluralitas)
  1. Menolak Pembangunan patung naga hanya menimbulkan dampak sosial kepada Masyarakat Kota Singkawang yang multi etnis (fluralitas) pada ahirnya mengakibatkan konflik SARA, yang selama ini Masyarakat Kota Singkawang telah cukup dikenal damai dan harmonis serta terjalin baik dalam kehidupan bermasyarakat.
  1. Menolak Pembangunan patung naga seharusnya dibangun di kelenteng/pekong karena patung naga merupakan binatang sakral menurut agama Khonghucu (Tri Dharma), bukan dibangun difasilitas umum.
  1. Menolak Pembangunan patung naga agar diganti dengan tugu yang bersifat netral/umum yang dapat diterima oleh semua lapisan Masyarakat, seperti Burung Garuda, Tugu Adipura, Tugu Lampu Hias dan lainnya.


 

 
 
 
CintaSingkawang,13Februari2009