Sebuah Konspirasi Mafia Tanah di Singkawang

15 Nopember 2009
Komentar:

Keprihatian masyarakat Tionghoa Singkawang terhadap aksi mafia tanah di kota Singkawang  semakin mengkhawatirkan. Dari hari ke hari semakin bertambah banyak  petani miskin kehilangan tanah garapannya. Seperti pada umumnya kehidupan para petani miskin di negeri ini, kehidupan mereka serba kekurangan. Ketika mereka mengalami kesulitan ekonomi mereka menggadaikan tanah mereka kepada mafia tanah.

 

Sudah lama beredar sebuah rumor yang mengatakan bahwa mafia tanah di kota Singkawang merupakan sebuah konspirasi yang sudah dirancang terlebih dahulu oleh sekelompok orang sebelum Pak Hasan Karman terpilih menjadi wako Singkawang. Kata konspirasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya komplotan,persekongkolan. Kata konspirasi menurut penjelasan kamus kita  tidak memberi lukisan jelas aksi dari  kata tersebut. Marilah kita meninjau arti kata konspirasi dari bahasa Inggeris. Dalam bahasa Inggeris kata conspiracy artinya “a secret plan by a group to do something unlawful or harmful” menurut definisi dari  Oxford Dictionary. Arti kata conspiracy menurut pengertian dalam bahasa Inggeris sangat tepat (pas) untuk melukiskan mereka .Marilah menguraikan proses pembentukkan konspirasi mereka.

Step pertama:

“A secret plan”. Mereka menyusun sebuah perencanaan yang sangat rahasia, rencana tersebut yang bertujuan untuk mencari keuntungan sendiri(group) tanpa mempertimbangkan dampak dari perbuatan mereka.

Step kedua:

“A group”. Mereka mengumpulkan orang-orang yang mendukung atau  memiliki ide(pandangan) seperti mereka kemudian mereka mendirikan organisasi. Tentu saja organisasi mereka dengan berbagai kata mutiara yang indah yang tertulis pada visi dan misi organisasi mereka, seperti kata “kepedulian” terhadap kota Singkawang Singkawang spektakuler, memajukan Singkawang,me”Singapore’kan Singkawang.

 Step ketiga:

“To do something unlawful or harmful”. Pada waktu yang tepat,mereka ini akan mengeksekusi rencana mereka.Tindakkan mereka mungkin tidak melanggar hukum tetapi dapat menyebabkan penderitaan atau merugikan pihak tertentu(masyarakat).

 

Kalau kita memperhatikan para mafia tanah di kota Singkawang aksi mereka dapat merusak keseimbangan kehidupan sosial di dalam komunitas Tionghoa Singkawang di kota Singkawang. Memperlebar pertentangan kelas sosial antara yang miskin dengan yang kaya. Mereka menciptakan kelas baru yang disebut “landlord(tuan tanah)” merupakan hasil karya para mafia tanah. Bahkan ada  mengabadikan nama Keluarganya  untuk  nama sebuah bukit .

 

Apabila kita memperhatikan daftar nama mafia tanah Singkawang kita akan menemukan sebagian besar  dari mereka adalah  kelompok dari suatu organisasi yang mereka menyebut dirinya sebagai ”institusi” Ikatan Alumni SMP Bruder Singkawang (Kaliber’s). Sekedar contoh, kita ambil dua nama mafia tanah Singkawang saja, Pak Nursantio alias Asan dan Pak Reinhardt. Mereka  adalah pengurus teras Kaliber’s. Pak Aliok dan Pak Chin Miau Fuk juga bagian dari Kaliber’s. Jika kita track kembali nama-nama mafia tanah Singkawang kita akan menemukan sebagian besar dari mereka ada koneksi dengan Kaliber’s. Walaupun ada sebagian kecil dari mereka yang tidak ada hubungan dengan Kaliber’s, tetapi apabila kita perhatikan seksama mereka ada koneksi dengan tokoh-tokoh di Kaliber’s. Seperti Pak Simon , dia bukan orang Kaliber’s tetapi dia adalah konconya Pak Aliok.

Sukar bagi kita menarik kesimpulan apakah Kaliber’s menghasilkan mafia tanah atau mafia tanah yang menghasilkan(mendirikan) Kaliber’s. Fakta yang ada dilapangan memberi indikasi bahwa masyarakat meragukan kesungguhan Kaliber’s berkarya untuk masyarakat kota Singkawang.

* baca artikel :Mafia tanah merajalela di kota Singkawang

CintaSingkawang,15 Oktober 2009