Kesan Cap Go Meh Singkawang 2012

16 tokoh Singkawang menghadiahi HK dengan sebuah Baliho “Perubahan itu perlu !!!” 

 

12 Februari 2012

Komentar:

Sejak  HK menjadi Wako , masyarakat Singkawang sudah berkali- kali merayakan Cap Go Meh. Diantara sekian kali perayaan tersebut,  CGM 2012 adalah perayaan yang sangat berkesan  dan menarik perhatian mereka. Hingga artikel ini diturunkan, CGM Singkawang 2012 masih menjadi buah bibir masyarakat.

 

Sebaliknya  bagi Pak HK CGM Singkawang 2012 merupakan  CGM yang paling sulit yang pernah dihadapinya, penuh dengan kekecewaan.

Marilah kita melihat apa yang menyebabkan wako kita tidak happy ketika merayakan CGM 2012.

-Kado istimewa sebuah  Baliho mengucapkan “Selamat merayakan CGM” kepada masyarakat Singkawang yang merayakan CGM dan menyerukan kepada masyarakat Singkawang bahwa “Perubahan itu perlu !!!”.

 

Baliho ini cepat menjadi perhatian masyarakat dan bahan cerita yang paling hot di negeri kerajaan San Keu Jong. Karena Baliho ini memuat foto 16 tokoh Singkawang. Jika baliho tersebut diumpamakan sebuah lukisan; komposisinya seimbang . Keenam belas tokoh itu terdiri dari :  musuh politik HK, mantan teman dekat HK, mantan team sukses HK, koleganya di Kaliber, penantang, politisi, mantan guru , mantan loyalis Pak HK dan ank buah HK di Birokrasi. Yang jelas ke 16 tokoh itu memiliki kesan dan kenangan tersendiri terhadap kehidupan  HK. Bergabungnya  para loyalis  Pak HK ke dalam 16 tokoh tersebut sudah menandakan  ketidakmampuan Pak HK  mengontrol anak buahnya melalui jalur birokrasi. Akibat dari ketidakpercayaan anak buahnya terhadap kemampuan Pak HK dapat mempertahankan posisinya sebagai wako Singkawang untuk periode kedua. Maka itu anak buahnya sudah mulai meninggalkan  kapal Pak HK  yang  mau tenggelam.

Keenam belas tokoh tersebut  menuntut perubahan di kota Singkawang itu yakni:

16 tokoh

Nursantio ( Kaliber), Awang Ischak (mantan Wako Singkawang), Ignasius Apui (kandidat Wako Singkawang), Lio Kurniawan ( Mantan Ketua Permasis), Herman Buhing ( mantan Panglima patung naga), Abdul Muthalib (Ketua BK DPRD Singkawang) & Lo Abidin(Ucok-Mantan loyalis HK) . Wolter Koyongian (Kadis Kebersihan), Alex EM ( tokoh pengusaha), Misli Aminudin (Ikatan Madura), Andrianto Alio (DAD), Iwan Gunawan (mantan team sukses HK/ketua asosiasi walet), Kaswin(Guru SD HK) & Johni (loyalis HK), Bong Wui Khong (Tridharma), Libertus Ahie ( DAD).

 

Sudah tidak perlu kita ragukan lagi, diantara 16 tokoh itu adalah orang-orang yang akan menantang Pak HK melalui pemilihan wako Singkawang pada bulan September nanti.

Ketika berita ini diturunkan ada beberapa Tokoh diantara 16 nama tersebut mendapat ancaman teror dari loyalis HK namun mereka menyambut teror tersebut dengan senyum penuh tantangan.  

 

-Pak HK ditinggalkan  oleh iringan mobil pawai malam CGM.

Pak HK dan Pak Sanjaya naik satu mobil. Mobil yang mereka tumpangi didahului oleh rombongan iringan mobil lain  .  Ketika iringan mobil ini tiba dipersimpangan jalan Diponogoro dengan Jalan Saman Bujang atau persimpangan pohon Beringin rombongan mobil ini pergi meninggalkan mobil Pak HK. Pak HK merasa ditinggalkan oleh iringan mobil, dalam keadaan panik Pak berteriak  dengan nada “memerintah” mobil tersebut untuk kembali ke dalam barisan iringan mobil. Tetapi para iringan mobil pembangkang itu mengabaikan perintah dari wako Singkawang yang sebentar lagi masa baktinya akan habis. Pak Sanjaya yang baru saja berhasil merebut tahta Kaisar San Keu Jong dari tangan Pak Lio Kurniawan, menjadi terheran-heran melihat raja San Keu Jong sudah kehilangan wibawanya.  Mobil pembangkang ini mendengar bisikan halus dari Pak Aliok yang dikontrol dari jarak jauh di vilanya.  Pada hari CGM Pak Aliok pada saat jam lelang Pak Lio mengeluarkan jurus lagi , kali ini Pak Lio  mengundang para tamunya dalam acara ramah tamah di vila . Tujuannya supaya acara Lelang CGM yang diadakan Pak HK itu tidak mendapat sambutan dari masyarakat. Usaha Pak Aliok itu membawa hasil; lelang CGM altar wako gagal total.

 

-Saingan sponsor.

Pak HK sangat bangga mendapat sponsor dari perusahaan rokok dalam pelaksanan  CGM 2012. Dari segi moral dan etika sudah harusnya seorang kepala pemerintah daerah jangan menjadi juru iklan untuk produk yang dapat merusak kesehatan. Karena dapat merusak citra dirinya sebagai pejabat yang tidak memahami etike moral dan kesehatan.

 

Turis-turis yang  mengunjungi kota Singkawang sering salah mengartikan iklan KB (keluarga berencana) yang dipasang pintu masuk kota Singkawang. Iklan tersebut bergambarkan  Pak HK dan Ny HK dengan menunjukkan jari berbentuk huruf V, turis asing  sering bertanya apakah  itu iklan obat kuat untuk kaum adam. Karena menunjuk jari tegak  itu sering asosiasikan kejantanan lelaki.

 

Di Altar Pak Chai Ket Khiong tahun ini juga memasang iklan rokok  yang bukan sponsor resmi CGM  menurut Pak HK. Ketika Pak HK menerima laporan bahwa di Altar Pak CKK memasang iklan  rokok saingan maka Beliau memerintah pada petugas SatPol PP untuk menertipkan iklan tersebut. Tentu ini mendapat perlawanan dari Pak CKK, akhirnya pada petugas tidak berani menertibkan iklan tersebut karena mereka tidak mengantongi SK dari wako .

 

Jika Pak HK kurang nyaman menikmati CGM tahun ini maka berbeda Pak Aliok yang dalam hari-hari ini . Pak Aliok sedang menunggu kedatangan peralatan kampanyenya di Singkawang, mahlum Pak Aliok sedang happy karena beliau berhasil mendapatkan “ikan paus” yang akan menggunakan pilwako Singkawang sebagai arena perang gengsi & perang antar tauke yang akan menyajikan sebuah pertarungan menarik  Aliok Vs HK .  Pertarungan yang menunjukkan siapakah yang lebih hebat, lebih kaya, pantas memimpin dan berpengaruh di kota Singkawang.

 

Bersemangat, Silahkan bertaruh.............  

 

 

CintaSingkawang, 12 Februari 2012