Kesaksian Mantan Sekretaris DPC PIB Singkawang tentang Pak Hasan Karman
oleh:Muhammad Hasan
  
Hasan Karman:"Tidak ada kawan abadi kecuali Kepentingan"

        Menjelang Konfercab Partai PIB Kota Singkawang, tanggal 27 Maret 2006 sekitar jam 21.00 di Hotel Prapatan Singkawang, jajaran pengurus Partai PIB Kota Singkawang dipanggil oleh perutusan Partai PIB Pusat yang terdiri dari Taufan (Wakil Sekjen), Tenggono Chuandra dan Hasan Karman yang sekarang calon Wali Kota Singkawang. Jajaran pengurus Partai PIB Kota Singkawang memperkirakan akan mendapat pengarahan / bimbingan dari perutusan pusat partai untuk pelaksanaan Konfercab Partai PIB keesokan harinya (tanggal 28 Maret 2006).

         Betapa kagetnya, bagaikan kaget adanya halilintar di siang bolong, ternyata bukan pengarahan atau bimbingan yang didapat. Taufan dan Tenggono menyuruh jajaran pengurus Partai PIB Kota Singkawang mengundurkan diri! Tentu saja perdebatan panas tidak dapat dielakkan, karena kedaulatan partai di daerah (kabupaten / kota) dengan segala policy-nya berada pada Konfercab Partai (Konferensi Cabang Partai), lebih-lebih pengurus inilah yang berjasa mendapatkan dua kursi di DPRD Kota Singkawang.

         Ketika perdebatan panas memuncak, Hasan Karman menyatakan kata “pamungkas”: “Tidak ada kawan abadi kecuali kepentingan!.” Rupanya inilah watak asli seorang Hasan Karman... yang belakangan diketahui bahwa dia berambisi mencalonkan diri dalam Pilkada Kota Singkawang. Dapat dipastikan, andai kata dia benar-benar terpilih menjadi Wali Kota Singkawang, semua sponsor dan pendukungnya akan dibabat habis demi kepentingan pribadinya.

         Tapi keesokan harinya, tanggal 28 Maret 2006, Konfercab berjalan yang memutuskan antara lain menetapkan bahwa Saudara Bong Wui Khong dicalonkan sebagai Wakil Wali Kota Singkawang pada Pilkada yang akan datang.

         Adagium komunis yang menyatakan “tidak ada kawan abadi kecuali kepentingan”, rupanya dilaksanakan betul-betul oleh seorang Hasan Karman. Dengan membentuk “pengurus” cabang Kota Singkawang yang 100% bukan anggota atau kader Partai PIB, mengadakan Konfercab “ulangan”, dalam mana menetapkan Hasan Karman menjadi calon Wali Kota untuk Pilkada Kota Singkawang. Untuk melaksanakan ambisinya, dia memakai perahu Partai PIB !

         Massa dan simpatisan Partai PIB sangat-sangat kecewa. Mereka mendesak agar Saudara Bong Wui Khong tetap mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Singkawang dengan tidak menggunakan Partai PIB sebagai perahu. Hasan Karman memang lahir di kota ini tetapi dibesarkan di Jakarta. Masyarakat sedikit sekali yang mengenal seorang Hasan Karman. Sedangkan Bong Wui Khong lahir dan dibesarkan di kota ini dan telah berkiprah dalam berbagai ormas serta menjabat wakil rakyat selama tiga periode di lembaga legislatif di kota ini.

Saudara Bong Wui Khong yang didukung 12 (dua belas) partai politik dalam Pilkada nanti, walaupun tanpa Partai PIB, dapat dipastikan akan mengungguli Saudara Hasan Karman! Kita lihat nanti...

Mantan Sekretaris DPC PIB Singkawang,

                                                                                                   Muhammad Hasan

CintaSingkawang,28 Oktober2007