Calon Baru, Kandidat Wako Singkawang dari etnis Tionghoa

 Menurut hot gosip yang beredar di masyarakat tionghoa Singkawang saat ini, Bapak Bong Wui Khong  akan mencalonkan diri sebagai kandidat wako Singkawang untuk pemilihan bulan Nopember nanti.Menurut gosip ini,sesudah pak BWK mengadakan pertemuan dengan berbagai tokoh masyarakat Tionghoa Singkawang yang ada di kota dan pinggiran kota Singkawang.
Melihat isu politik ini begitu serius,Cintasingkawang mengkonfirmasi gosip ini dilingkungan tokoh masyarakat tionghoa singkawang dan berbincang-bincang dengan mereka.


Para tokoh masyarakat  memanggil pak BWK untuk mengadakan pertemuan.Mereka mendesak agar pak BWK mencalonkan diri sebagai kandidat dari ethis tionghoa dan mereka akan memberi dukungan kepada dia.Cintasingkawang sempat menyakinkan kepada pada tokoh masyarakat bahwa kita sudah mempunyai kandidat etnis tionghoa sejauh ini yaitu pak Hasan Karman.Mereka menilai penampilan pak HK selama ini kurang menyakinkan .Sampai saat ini masih belum diketahui siapa sebenarnya yang akan menemani pak HK sebagai wakilnya.Walaupun partai politik P3 sempat memasang baliho bergambar pak HK dibeberapa tempat dipinggiran kota Singkawang, tetapi mereka masih belum percaya akan kemampuan pak HK mendapatkan perahu P3.Menurut mereka,mereka telah mendapat informasi dari sumber yang dekat dengan P3 bahwa P3 belum mengambil keputusan terakhir atas permohonan dari pak HK.Pemasangan foto pak HK dengan dukungan P3 itu hanya merupakan sebuah basa basi dalam pergaulan politik.Mereka menyorotkan koran PontianakPost edisi  hari Rabu,11 Juni 2007 dengan judul berita: Putuskan calon,PPP harus lihat Azas Partai kepada Cintasingkawang.”Baca berita ini”kata salah satu dari tokoh tersebut.”Seperti P3 meminta penambahan syarat yang menyangkut agama bagi siapa yang memakai perahu mereka.Apakah pak HK mau ganti agama gara-gara perahu?”sambung dari tokoh junior dengan nada curiga.

Pada tokoh masyarakat tionghoa singkawang bertambah penasaran ketika mendengar pak HK memberi data statistik yang tidak akurat tentang jumlah populasi ethis tionghoa di Singkawang,dalam interview  pak HK dengan pimpinan PDIP  di jakarta.”Pak HK sebagai kandidat mendapat dukungan ethis tionghoa, seharusnya beliau tahu berapa banyak jumlah pendukungnya”, kata salah satu tokoh. Cintasingkawang berusaha menyakinkan kepada mereka bahwa figur kandidat seperti pak HK sudah sempurna,walaupun beliau masih muda dan kurang berpengalaman dalam berpolitik tetapi kita bisa memberi dia kesempatan(waktu). Untuk mendapat pengalaman diperlukan waktu.

Sayang, mereka tidak memberi respon terhadap pandangan Cintasingkawang itu.

 

Kemudian,Cintasingkawang menghubungi sumber informasi yang dekat dengan pak Bong Wui Khong mengkonfirmasi kebenaran gosip ini. Sumber yang dapat dipercaya ini mengatakan :”Sesudah pak BWK mendapat desakkan dari tokoh masyarakat tionghoa Singkawang. Pak BWK langsung meloby beberapa partai kecil untuk mendapatkan perahu”. Dalam waktu  hitungan hari saja pak BWK sudah berhasil mendapat perahu atas dukungan partai2 kecil pemilik perahu. Ini juga menunjukan kehebatan ilmu negosiasi yang dimiliki pak BWK. Pada tokoh masyarakat merasa semangkin bangga atas keseriusan pak BWK. Pak BWK juga mendapat restu dan dukungan dari salah satu tokoh nasional di Jakarta. Dibandingkan pak HK sampai sekarang masih belum ada kepastian soal mendapat perahu atau tidak.

Wakil wako yang menemani pak BWK adalah etnis Melayu.Serpak terjang pak BWK perlu perlu diwaspadai.

 

Perkembangan babak baru pesta demokrasi Pilkada di Singkawang semangkin menarik.

CintaSingkawang 17 Agustus 2007