Komentar:

Awal Kegagalan Seorang Pemimpin

Akibat kegagalan Pak Hasan Karman mendatangkan konglomerat khrismatik Bapak Prajogo Pangestu di kota Singkawang  pada tanggal 7 Nopember 2007 yang lalu.Berbagai isu  tentang  hal ini sedang beredar di kota ini,ada yang mengatakan kedatangan  pak  Prajogo dijadwalkan kembali sampai pada tanggal 11 Nopember 2007 nanti. Ada juga mengatakan kemarin pak Prajogo sudah datang tetapi dalam perjalanan menuju kota Singkwang  ban mobilnya  kempis di Sungai Duri kemudian beliau  kembali ke Pontianak..

Diantara sekian gosip,ada satu gosip menarik perhatian bagi Cinta yaitu gosip tentang persyaratan yang diajukan oleh pak Prajogo jika beliau datang ke kota Singkawang.Adapun  isi dari  persyaratan tersebut yaitu” tiga hari sebelum ketibaan dan tiga hari sesudah keberangkatan  pak Prajogo dari kota Singkawang,pak A Tien harus meninggalkan kota Singkawang”. Pak A Tien boleh kembali ke kota Singkawang lagi sesudah tiga hari keberangkatan pak Prajogo dari kota Singkawang. Isi dari persyaratan itu ,jika kita terjemahkan kedalam bahasa sederhana kurang lebih bermakna seperti ini:Pak Prajogo tidak mau  ketemu(dibaca melihat)  wajahnya pak A Tien!.Padahal kita sudah mengetahui selama ini pak A Tien selalu setia  menemani pak Hasan dalam berkampanye untuk Pilkada Singkawang. Tentu saja Pak Hasan agak keberatan menerima persyaratan tersebut karena harus mengorbankan  teman baiknya ,pak ATien.

 Jika gosip persyaratan ini betul, kita dapat memaklumi mengapa pak Prajogo mengajukan persyaratan itu.Sebagai orang pernah mengalami trauma tentu saja  tidak ingin melihat sesuatu yang ada hubungan dengan peristiwa yang menyebabkan trauma.Sebagai contoh pengalaman sendiri, Cinta pernah mengalami trauma akibat digigit anjing.Walaupun gigitan itu tidak menyebabkan kematian bagi Cinta  tetapi meninggalkan bekas gigitan .Setiap kali Cinta melihat bekas gigitan itu selalu teringat  akan peristiwa yang menjengkelkan dan menyakitkan itu.Bahkan Cinta tidak mau lagi melihat anjing apalagi mendekatinya. Cinta rasa,pak Prajogo juga merasakan hal seperti itu walaupun Cinta dengan pak Prajogo berbeda status sosial ekonomi.Tetapi sebagai  manusia kita memiliki perasaan yang sama.

 Apapun gosip dan alasan yang diberikan oleh pak Hasan  untuk ketidak datangan konglomerat Pak Prajogo,tetapi satu fakta telah membuktikan ketidak mampuan pak Hasan Karman memerintah para konglomerat datang ke kota Singkawang tepat pada waktunya(jadwal).Ini adalah sebuah awal kegagalan kemampuan pak Hasan sebagai seorang pemimpin .Ketidak mampuan ini,bagaimana kita dapat mempercayai janji-janji pak Hasan akan membawa para konglomerat untuk investasi ke kota Singkawang jika dia terpilih menjadi walikota Singkawang? Karena konsep membangun kota Singkawang menurut pak Hasan menitik beratkan kemurahan hati para konglomerat untuk menginvestasikan modalnya di kota Singkawang.

CintaSingkawang,8 Nopember 2007