Download
Bapak Ir.H.Darmawan,Msc:
Visi dan Misi
Profile





Darmawan Wawancara Exclusive Dengan Bapak Ir.H.Darmawan,MSc

Bapak Darmawan adalah salah satu dari kandidat walikota Singkawang untuk Pilkada Singkawang 2007.Beliau berpasangan dengan Bapak Ignatius Apui.Sebagian dari  masyarakat Singkawang percaya pasangan kandidat ini memiliki potensi untuk memenangkan  Pilkada Singkawang pada tanggal 15 Nopember 2007 nanti.CintaSingkawang mendapat kesempatan berinterview dengan Bapak Darmawan.

 

Cinta Skw

:

Terlebih dahulu CintaSingkawang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Darmawan telah bersedia untuk diwawancarai..

   

Pak Darmawan

:

Terima kasih kembali”.

     
Cinta Skw :

 “Apakah yang mendorong Bapak Darmawan mencalonkan diri sebagai  salah satu kandidat walikota  Singkawang untuk ikut Pilkada Singkawang 2007 ?”.

     
Pak Darmawan :

“Motivasi yang mendorong saya ikut mencalonkan diri sebagai kandidat walikota Singkawang untuk Pilkada Singkawang 2007.Karena saya melihat bahwa Singkawang punya potensi yang cukup besar untuk maju sejajar dengan kota-kota lain, hanya karena dibawa kearah yang tidak semestinya maka potensi tersebut tidak bisa dimanfaatkan secara optimal. Sebagai mantan pejabat Singkawang pada jaman pemerintahan Kabupaten Sambas lama, yang juga pernah ikut meletakan pondasi pembangunan di Singkawang, saya tergerak hati untuk memperbaiki dan membawa Singkawang kedepan kearah yang lebih baik. Niat tersebut diwujudkan dengan mengikuti proses demokrasi Pilkada pada tahun 2007 ini.”

     
Cinta Skw :

Apa visi dan misi Bapak untuk membangun kota Singkawang ? ”

 

   
Pak Darmawan :  “Visi dan Misi saya dapat didownload disini(VISI & MISI.pdf).Secara singkat saya jelaskan, visi strategis yang ingin saya capai adalah menjadikan Singkawang sebuah kota jasa dengan beragam sektor dan fungsi, bisa kota jasa perdagangan, kota pendidikan dan  parawisata maupun kota jasa pelayanan kesehatan. Mengapa kota jasa, karena Singkawang bukan sebuah kabupaten dengan wilayah yang begitu besar dan yang mempunyai sumber daya alam yang serba melimpah, sehingga yang paling cocok untuk Singkawang adalah kita kembangkan menjadi kota jasa yang tangguh dan unggul. Saya optimis dengan kota perdagangan, karena Singkawang dikaruniai mayoritas penduduk tionghoa yang sejujurnya harus kita akui bahwa saudara-saudara kita ini memiliki kegigihan dan mempunyai naluri usaha atau naluri bisnis yang kuat dibanding yang lain. Kedepan, saya yakin mereka akan siap bergabung membantu saya, bahu membahu membangun Singkawang kearah yang lebih baik ”.
   
Cinta Skw :

“Pada awal pencalonan untuk ikut pilkada,Bapak memilih Bapak Henoch Thomas sebagai wakil  walikota.Tetapi pada akhirnya pilihannya jatuh kepada Bapak  Ignatius Apui.Dapatkah Bapak memberi penjelasan tentang hal ini?”.

     
Pak Darmawan : “Bapak Henock Thomas adalah kawan lama saya, dan kawan yang dari awal secara terbuka siap berjuang dengan saya bertanding dalam pilkada Singkawang 2007, tapi DPP PDIP mengambil keputusan lain, dimana saya harus berpasangan dengan bapak Ignasius Apui. Saya yakin Henock Thomas memaklumi hal ini, dan beliau tetap kawan lama saya”.
     
Cinta Skw :

“Menurut rumour beredar di komunitas orang Singkawang mengatakan Bapak Henock Thomas adalah salah satu  dari korban permainan politik Pilkada Singkawang 2007.Apa yang telah beliau investasikan(waktu dan uang) selama ini tidak mendapat hasil.”

Pak Darmawan : “Itu rumour tidak memiliki dasar kebenaran. Saya percaya Bapak Henock Thomas tidak berpendapat demikian dalam  hal ini.”
     
Cinta Skw : “Beberapa minggu yang lalu Bapak mengadakan pertemuan dengan komunitas Tionghoa Singkawang di Saliung,tepatnya direstaurant Famili.Dalam pertemuan tersebut pada Komunitas Tionghoa yang hadir itu adalah  dari organisasi MABT(Majelis Agama Budaya Tionghoa)Singkawang.Apakah MABT cabang Singkawang memberi dukungan kepada Bapak?”.

Pak Darmawan :

“Benar saya telah mengadakan pertemuan dengan beberapa warga Tionghoa tapi tidak mengatasnamakan organisasi atau lembaga tertentu Saya kenal baik dengan beberapa pengurus MABT sejak awal lembaga tersebut berdiri, bahkan pernah juga ikut berpartisipasi pada saat kegiatan amal/sosial pembagian beras beberapa waktu yang lalu, tapi soal dukungan politik tidak pernah dibicarakan. Kita harus sepakat untuk menghargai netralitas sebuah lembaga, dan menghargai perbedaan pendapat atau perbedaan pilihan masing-masing individu dalam proses pilkada yang akan dan sedang berlangsung.

 

Cinta Skw :

Terima kasih.Semoga Bapak berhasil menjadi walikota Singkawang”.

Pak Darmawan :

Sama-sama,semoga kita ketemu kembali dilain kesempatan”.



   
CintaSingkawang,03 Oktober 2007