Lio Kurniawan mulai kampanye
28 April 2011
Thinking hard for successPak Aliok                  Pak Aliok sedang memberi pengarahan kepada teamnya
   

Komentar:

Keseriusan Pak  Lio Kurniawan untuk maju sebagai calon walikota Singkawang pada Pilkada Singkawang 2012 sudah semakin jelas. Putra Kuala Singkawang ini, yang terlahir dengan nama Bong Choi Liok yang kadang menyebut dirinya Bong Phen Thin tapi lebih dikenal dengan nama panggilan Pak Aliok. Beliau sudah memulai kampanye di lingkungan komunitas Tionghoa Singkawang. Walaupun secara resmi hal ini belum diumumkan kepada publik. Sekedar contoh, di milis SMP Bruder Singkawang para membernya sudah mulai kampanye untuk memberi dukungan kepada  Pak Aliok sebagai cawako Singkawang 2012. Popularitas Pak Aliok  di kalangan para  alumni SMP Bruder Singkawang melambung tinggi dibandingkan dengan popularitas Pak HK yang kian hari  semakin sunset setelah banyak pihak menilai ketidakbecusan HK sebagai pemimpin mereka.  Ekspektasi mereka kepada Pak Aliok sebagai pemimpin jauh lebih “baik” dibandingkan Pak HK dalam hal kualitas, komunikatif, kapabilitas dan kredibilitas.

 

Menurut  Pak Jacob Sen narasumber CintaSingkawang di dalam  kelompok ini, mengatakan bahwa “Pak Aliok bersama team Suksesnya sudah berangkat ke Jawa Timur untuk mendapat wahyu,dan  restu dari beberapa kelenteng tua disana”. Sangat berbeda cara mendapat wahyu dan restu antara Pak Aliok dengan almarhum Bung Karno. Ketika  Bung Karno  mendapat wahyu untuk  memimpin bangsa Indonesia, Almarhum melakukan tirakat berhari hari di gua gunung, dan mandi di sungai pada tengah malam. Sejauh ini, calon pemimpin Singkawang ini belum kita mendapat kabar bahwa Pak Aliok bersemedi dan mandi untuk menyucikan diri sebagai persyaratan spritual.

 

Ketika ditanya siapa tokoh-tokoh Singkawang yang sudah menyatakan mendukung Pak Liok? Pak Jacob Sen menjawab banyak, diantaranya ada pengusaha seperti Simon Liu, Siau Khiang, ALiang, Bu Kiat dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha di Tanah Abang dan dari kalangan akademisi Dr.Timotius juga menyatakan mendukung, demikian Jacob Sen menjelaskan.  

 

Narasumber Cintasingkawang di Taiwan,dr.Liu Nyuk Lim melaporkan baru-baru ini Pak Aliok melakukan kunjungan  ke Taiwan untuk menggalang dana  untuk dipakai kampanye Pilkada Singkawang 2012 nanti. Dalam segi strategi Pak Aliok  jauh lebih unggul menghadapi para kompetitor lain. Tetapi, Beliau tidak ingin terbentur masalah pendanaan yang dapat mengganggu rencana besarnya. Menurut prinsip kemiliteran; adalah wajib hukumnya mempersiapkan logistik sebelum memulai suatu perang.

 

Ada beberapa permasalahan sedang terjadi di kota Singkawang pada akhir akhir ini telah menyebabkan komunitas Tionghoa Singkawang memberi dorongan kepada Pak Aliok untuk mencalonkan diri sebagai wako Singkawang 2012. Salah satu diantaranya; kasus perselingkuhan wakil ketua DPRD Singkawang Bong Cin Nen.  Kasus ini menunjukkan alangkah bodohnya komunitas Tionghoa Singkawang menyogok untuk mempertahankan jabatan. Pada intinya; memperkaya pihak tertentu. Walaupun Bong Cin Nen bisa mempertahankan jabatannya, apakah komunitas Tionghoa Singkawang mau lagi mendengar “celotehnya tentang ideologi Bui Fa Nyin?”. Apakah komunitas Tionghoa Singkawang tidak memiliki sumber daya manusia yang lebih baik selain BCN?  Kalau BCN bisa jaga reputasi komunitas Tionghoa Singkawang seharusnya dia mengundurkan diri dari jabatan ketua MAKIN Singkawang , pengurus pada yayasan Barito. Dalam etika  berorganisasi, komunitas Tionghoa Singkawang selalu berprinsip “memberi jalan keluar” kepada mereka (anggota) yang berbuat kesalahan(pelanggaran). Tidak perlu dengan cara pecat secara resmi(tertulis), yang bersalah harus mengundurkan diri. Komunitas kita dapat membedakan antara  masalah “moral” dengan  masalah “politik”.  Sejauh ini Pak HK tidak bersuara mengenai skandal BCN ini. Sebagai pemimpin, komunitas Tionghoa  Singkawang menilai Pak HK adalah pemimpin yang lemah, lalai melakukan kewajibannya untuk mendisplin pendukungnya. Maka dari itu, komunitas Tionghoa Singkawang mencari pemimpin alternatif, memberi dukungan kepada Pak Aliok  sebagai cawako Singkawang 2012. Dengan harapan sebagai pemimpin dapat mencerminkan sikap dan pandangan komunitas Tionghoa Singkawang.

 

CintaSingkawang mengucapkan Selamat atas kehadiran calon-calon pemimpin baru dengan visi-misi baru, spirit baru untuk membangun Singkawang kearah yang lebih baik, lebih demrokatis, bukan Spektakuler yang terbukti gagal. 

Ayo…. Siapa lagi yang akan menyusul?

 

CintaSingkawang,28 April 2011